Tulang manusia sangat kuat tatapi ringan sebab

Posted on

Tulang manusia sangat kuat tatapi ringan sebab

Jawaban:

agak berongga dan tidak terlalu padat

juga terdiri dari kalsium yang lebih ringan dari besi tetapi lebih kuat dari besi

Jawaban:

Jawaban pendek:

Tulang keras karena mengandung kalsium, fosfat dan kolageb diantara ruang antar sel tulang.

Jawaban panjang:

Tulang pada manusia dan hewan bertulang belakang bersifat keras, berbeda dengan bagian tubuh lainya. Yang membuat bagian tulang ini keras adalah susunan selnya. Diantara sel tulang, terdapat mineral yang membuat tulang keras, yaitu kalsium, fosfat dan kolagen.

Pada bagian dalam tulang, jarang diantara sel lebih longgar dan berisi udara, sehingga bagian dalam sel nampak berrongga.

Sementara pada bagian luar tulang, jarak antar sel tulang ini lebih rapat dan dipenuhi oleh kalsium dan fosfat. Sehingga bagian luar sel lebih padat.

Kekerasan tulang ini berguna untuk penyangga tubuh agar bisa beridir tegak dan bergerak. Selain itu tulang juga berfungai sebagai pelindung organ dalam seperti tulang rusuk yang melindungi paru-paru dan jantung.

Sel-sel penyusun tulang ini selalu diperbaharui selama manusia hidup. Sel penyusun tulang ini dirombak oleh sel osteoklas, kemudian sel baru disusun oleh sel osteoblas.

Karena kalsium adalah yang membuat tulang keras, maka bila sesorang kurang asupan kalsium, tulang di tubuhnya akan keropos atau rapuh. Kalsium dapat didapat dari susu atau dari protein hewani.

Penjelasan:

Telusuri di brainly.co.id/tugas/16561589

semoga membantu