Pengertian konjungsi deduktif dan contohnya

Posted on

Pengertian konjungsi deduktif dan contohnya

Paragraf Deduktif

Deduktif adalah jenis paragraf yang dikembangkan dengan pola deduksi. Pola deduksi bermula dengan pemaparan hal yang bersifat umum kemudian menyebarkan hal khusus. Paragraf deduktif bisa dilihat dari letak kalimat utamanya yang berada di awal alinea.

Beberapa ciri paragraf deduktif yang bisa dilihat antara lain:

Letak ide pokok di awal paragraf

Ide pokok tersusun dari pernyataan umum diikuti dengan penjelasan yang bersifat khusus

Contoh paragraf deduktif :

Fenomena macet sudah biasa dijumpai di beberapa kota besar di Indonesia. Hal tersebut dapat dikarenakan beberapa sebab diantaranya adalah volume kendaraan yang sudah tinggi dan melampaui target dan kapasitas jalan. Selain itu, tingkat kesadaran warga yang kurang disiplin serta masih banyaknya aparat yang kurang tegas menindak pelanggaran pengguna jalan yang semakin mengakibatkan lalu lintas tidak terkendali.

Internet sangat bermanfaat bagi manusia. Dengan kebebasan mengakses jaringan internet kita dapat mudah mengetahui berbagai informasi di belahan dunia manapun. Disamping menjadikannya media informasi, internet juga digunakan sebagai alat komunikasi bagi sebagian orang yang menggunakan aplikasi sosial media. Banyak hal yang ternyata bisa dijangkau hanya dengan sekali klik menggunakan jasa internet sehingga masyarakat pun sangat terbantu dengan kemudahan ini.

Sosok ibu sangat besar peranannya bagi sebuah keluarga. Sebagian besar orang pasti setuju dengan pernyataan tersebut. Kita tidak bisa melengkapi dan menyiapkan segala keperluan hidup tanpa bantuannya. Sebuah keluarga akan sangat bergantung pada peran seorang ibu. Mulai dari makanan, perlengkapan, dan kebutuhan rumah biasanya dilakukan ibu tanpa mengeluh. Tentunya hal tersebut semakin menyadarkan kita untuk tidak membantah segala nasihat ibu dan menghargainya lebih baik lagi.

Disiplin menjadi permasalahan di lingkungan sekolah belakangan ini. Hal tersebut terjadi karena banyak siswa yang sering datang terlambat. Apalagi beberapa hari ini saat digelar ujian tengah semester masih juga ada yang terlambat. Persoalan tersebut kemudian dirapatkan oleh komite sekolah yang menghasilkan kebijakan soal hukuman lari keliling lapangan jika terbukti terlambat lebih dari sepuluh menit.

Kecelakaan akibat kelalaian kerja masih sering terjadi. Sepanjang tahun 2016, tercatat sudah 15 orang meninggal dikarenakan kecelakaan kerja terutama di pabrik- pabrik wilayah perkotaan. Korban meninggal tidak hanya berasal dari pekerja saja, tetapi beberapa warga sipil yang tinggal di lingkungan pabrik turut menjadi korban. Insiden kecelakaan tersebut banyak yang disebabkan konsleting aliran listrik karena pekerja yang lupa mematikan arus listrik saat meninggalkan pabrik.

Paragraf deduktif sering disebut dengan paragraf awalan. Paragraf ini letak kalimat utamanya berada di awal kalimat. Sehingga kita bisa ambil pengertian bahwa paragraf deduktif merupakan salah satu jenis paragraf berdasarkan struktur kalimat yang letak kalimat utamanya berada di awal kalimat.
.
Contoh:

 “Polisi menangkap bandar narkoba di Bantul. Pelaku bandar narkoba diketahui merupakan seorang residivis. Ia beberapa kali masuk penjara, namun setelah ke luar dari penjara ia menjajakan barang haramnya kembali”.

Analisis: contoh paragraf yang telah diuraikan di atas adalah paragraf deduktif. Contoh tersebut termasuk paragraf deduktif sebab letak ide pokok atau kalimat utamanya berada di awal kalimat. Jika ditanya mana yang termasuk kalimat utama tentu jawabannya ada pada bagian “Polisi menangkap bandar narkoba di Bantul”. Sementara untuk kalimat berikutnya merupakan sebuah kalimat penjelas.