sistem informasi geografis (SIG) sangat menunjang perencanaan pembangunan dibeberapa bidang di suatu wilayah, salah satunya dibidang lingkungan. sebutkan dan jelaskan manfaat SIG dalam bidang lingkungan hidup!

Posted on

sistem informasi geografis (SIG) sangat menunjang perencanaan pembangunan dibeberapa bidang di suatu wilayah, salah satunya dibidang lingkungan. sebutkan dan jelaskan manfaat SIG dalam bidang lingkungan hidup!

1. Manfaat SIG Dalam Bidang Lingkungan Hidup yang pertama adalah dapat memberikan penjelasan kepada masyarakat terkait dengan lokasi atau tata letak rencana kegiatan usaha yang memiliki dampak yang besar terhadap lingkungan. Dengan SIG, Anda bisa mengetahui nama lokasi, luas lokasi, kode pos, koordinat dan lain sebagainya secara spasial.

2. SIG juga bisa memberikan informasi terbaru yang tidak jauh berbeda dengan dunia nyata. Hal tersebut sangatlah wajar mengingat SIG selalu menampilkan data sebagai perencanaan strategis yang up to date.

3. Manfaat SIG Dalam Bidang Lingkungan Hidup selanjutnya adalah untuk menjelaskan kondisi ruang spasial. Misalkan dalam dokumen lingkungan dibutuhkan data informasi mengenai luasan permukiman yang terkena dampak kerusakan lingkungan atau lahan, maka Anda bisa mengetahui luasannya menggunakan SIG. Hasil pengolahan data menggunakan SIG tidak akan jauh berbeda dengan kondisi eksisting di lapangan.

4. SIG juga berperan sebagai sarana pengambilan data, mengumpulkan data dan menganalisa data dengan basis pemetaan. Nah, pemetaan inilah yang kemudian akan dijadikan sebagai pertimbangan banyak pemangku kebijakan untuk mengambil keputusan terkait dengan pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup di sekitar wilayah yang dikaji. Manfaat SIG Dalam Bidang Lingkungan Hidup.

5. SIG juga bisa dimanfaatkan untuk menyajikan informasi lapangan atau spasial secara ringkas kepada masyarakat agar bisa lebih dipahami. Informasi ini bisa disajikan dalam bentuk peta ataupun laporan.

6. SIG dapat membantu para ahli lingkungan untuk menganalisis daya tampung dan daya lingkungan hidup yang berkaitan dengan rencana pola ruang suatu wilayah. Manfaat ini memang sangat penting dalam dunia lingkungan. Karena dampak-dampak tersebut, bisa tersajikan dalam bentuk peta (overlay) data spasial. Sehingga orang awam yang tidak memahami lingkungan ataupun pemetaan pun tetap bisa membaca dan memahaminya.