Syiar madrasah ringkasan metro TV 20 mei 2020​

Posted on

Syiar madrasah ringkasan metro TV 20 mei 2020​

Jawaban Terkonfirmasi

Syiar Madrasah Ramadhan adalah program pembelajaran jarak jauh yang ditujukan untuk para siswa madrasah segala jenjang. Program Syiar Madrasah Ramadhan ini ditayangkan di Metro TV setiap hari Senin-Jumat pada pukul 16.00.

Pembahasan

Syiar Madrasah Ramadhan

Rabu, 20 Mei 2020

Tema: Prinsip Hubungan Manusia dengan Alam

Pengajar: Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag.

(UIN Sunan Ampel Surabaya)

Bagaimana seharusnya hubungan kita dengan alam?

Di dalam Alquran, surat Al-An-am: 38 mengisyaratkan yang luar biasa dalam sains bahwa sebetulnya alam ini semuanya saling terkait, yang jika diputus dan dirusak maka akan hancur keseimbangannya dan menyebabkan malapetaka. Alam tidak pernah menghancurkan dirinya sendiri. Manusialah yang menghancurkan alam, sebagaimana halnya yang difirmankan oleh Allah dalam surat ar-rum ayat 41.

Yang melakukan kerusakan adalah manusia, yang merasakannya juga manusia, kecuali manusia yang mengubah cara hidupnya dalam memperlakukan alam semesta.

Apakah boleh manusia memanfaatkan alam?

Manusia menjadi bagian dari ekosistem semesta dan manusia diberi keistimewaan oleh Allah menjadi bagian dari semesta dan sekaligus memanfaatkan semesta memanfaatkan alam. Di dalam surah Al Hud: 61, asal manusia berasal dari tanah (bumi) dan bertugas untuk memakmurkan bumi. Allah memperbolehkan alam untuk kemakmuran, bukan untuk memuaskan kerakusan. Jika kita memanfaatkan alam untuk kemakmuran, itu berarti

  1. Kita akan mempertimbangkan keberlangsungan sumber daya.
  2. Kita tidak akan merusaknya.
  3. Kita akan memanfaatkan alam hanya karena nafsu semata.

Kita memanfaatkan alam untuk kemakmuran bersama dan kemakmuran alam. Kemakmuran alam adalah ketika alam mendapatkan hak-haknya.

Di dalam H.R. An-Nasal, Nabi bersabda tidak ada satu pun manusia yang membunuh burung pipit tidak dengan hak kecuali Allah meminta pertanggungjawaban mengapa manusia membunuh burung tersebut. Hak burung pipit adalah dibunuh untuk dimakan, bukan untuk membuangnya.

Kesimpulan: Manusia  boleh memanfaatkan alam untuk kemakmuran dan untuk sesuatu yang baik, bukan hanya semata untuk memuaskan keserakahan kita secara membabi buta tanpa mempertimbangkan keseimbangan alam.

Pelajari lebih lanjut

Ringkasan syiar madrasah ramadhan 16 mei 2020 pada brainly.co.id/tugas/29457898

Syiar Madrasah Ramadhan 13 Mei 2020 pada brainly.co.id/tugas/29370036

Syiar Madrasah Ramadhan tanggal 12 Mei 2020 pada brainly.co.id/tugas/29350662

———————————–

Detil jawaban

Kelas: –

Mapel: Pendidikan Agama Islam

Bab: Prinsip Hubungan Alam dengan Manusia

Kode: –

#AyoBelajar