Apa akibat dari pembentukan kabinet ampera

Posted on

Apa akibat dari pembentukan kabinet ampera

Jawaban Terkonfirmasi

Kabinet Ampera adalah kabinet yang berada pada masa kepemimpinan Presiden Soeharto yang berjalan dari tahun 1966 hingga pada tahun 1998 yang kemudian pada akhirnya Presiden Soeharto berhenti dari jabatannya serta runtuhnya Orde Baru pada tahun 1998 dikarenakan terjadinya krisis ekonomi di Indonesia. Hal ini diakibatkan maraknya kolusi, korupsi dan nepotisme yang terjadi pada pemerintahan tersebut.

Tetapi, pada awalnya, Orde Baru menjadi sebuah awal yang membawa Indonesia berada di titik kebangkitannya setelah melewati masa-masa transisi dari negara yang baru saja melakukan kemerdekaan. Hal tersebut kemudian akan digambarkan dalam pembentukan Kabinet Ampera.

Pembentukan Kabinet Ampera 
26 Juli 1966, pada tanggal tersebut adalah tanggal dimana Presiden Soekarno melakukan pembubaran terhadap Kabinet Dwikora yang kemudian dibentuknya Kabinet Ampera yang dibentuk berdasarkan Tap MPRS No. XII Tahun 1966. Dimana, Presiden memberikan tugas untuk membentuk sebuah kabinet baru yang bernama Kabinet Ampera dimana pada saat itu Letnan Jendral Soeharto adalah sebagai pengemban tugas dari TAP MPRS No. IX Tahun 1966. Oleh karena TAP MRPS yang diberikan kepada Letnan Jendral Soeharto tersebut, kemudian Soeharto melakukan konsolidasi dengan Pimpinan MPRS dan DPR-GR guna untuk menjalankan tugas tersebut. Kabinet Ampera sendiri terbentuk atas tiga jenis unsur yang dimana tiga unsurt tersebut adalah sebagai berikut.

1. Pimpinan, yaitu Presiden
2. Diberikannya pembantu pimpinan sebanyak lima orang Menteri Utama yang merupakan presidium dengan Letnan Jendral Soeharto, dan Ketua Presidium yang merupakan menteri utama bidang pertahanan dan keamanan.
3. Anggota kabinet tersusun atas 24 orang yang dimana masing-masing dari anggota kabinet tersebut mimpin departemen yang berada di bawah koordinasi dari Presidium kabinet dengan melakukan komunikasi dengan menteri utama yang telah membawahi dibidang-bidang yang telah bersangkutan.

Untuk mempelajari lebih lanjut dapat membuka:
– Sistem Orde Lama brainly.co.id/tugas/2891749
– Citra Indonesia saat Orde Baru brainly.co.id/tugas/9976006
– Tujuan TAP  MRPS No. V/MRPS/1966 brainly.co.id/tugas/9684871

Kelas           : XII (12 SMA)
Pelajaran     : SejarahKategori       : Orde BaruKunci           : Orde Baru, Kabinet Ampera, Kabinet Dwikora, Letnan Jendral Soeharto, Ir. Soekarno
Kode            : 3