Buatlah jadwal kegiatan selama ramadan di rumah dari pagi sampai malam​

Posted on

Buatlah jadwal kegiatan selama ramadan di rumah dari pagi sampai malam​

Jawaban:

1. Aktivitas Pra Ramadhan

Sebelum Ramadhan tiba, kami siapkan dulu anak-anak untuk menyambutnya. Karena bulan ini adalah bulan yang sangat istimewa, kami ingin mereka juga merasakan keistimewaannya dan menyambutnya dengan kebahagiaan. Salah satu ikhtiarnya adalah mendekorasi learning space dengan suasana ramadhan (wall art).

Dekorasi ini kami buat dengan:

– mengantung rainbow lantern printable

– Black board and chalks untuk menulis waktu ifthor

– Ramadhan books basket

– Hijriah calendar

– Rainbow LED light

– Daily good deed bags

– Ramadhan tracker

– Bunga

2. Aktivitas Selama Ramadhan

Rutinitas pagi dan sore

Untuk membantu memudahkan anak-anak melihat rutinitas apa saja yang perlu dilakukan setelah dan sebelum tidur, saya buatkan chart seperti ini. Daily chart ini bisa juga digunakan di luar Ramadhan ya.

Morning Activities/Aktivitas pagi:

Wake up early/bangun pagi

Toilet (BAK, cuci muka, wudhu)

Pray shubuh

Make a bed/Merapikan tempat tidur

Morning dua/dzikir pagi

Get Dressed/ganti baju

Go outside/bermain di luar

Breakfast/sarapan

Shower/mandi

Circle time

Evening Actvities/Aktivitas sore-malam

Pray ashar/shalat ashar

Playing outside/bermain di playground

Shower/mandi

Evening dua/dzikir sore

Dinner/makan malam

Clean up/beberes rumah

Toilet

Pray Isya

Story time/baca buku

Sleep/tidur

Kami lakukan evaluasi setiap jam 10 pagi (kurang lebih), dan malam menjelang tidur. Saya ajak mereka memasang klip kayu di setiap kotak aktivitas yang sudah selesai mereka kerjakan. Ternyata aktivitas sederhana ini menyenangkan sekali buat mereka. Sampai-sampai anak-anak berinisiatif melakukan rangkaian aktivitas ini tanpa diminta, katanya biar semua klipnya terpasang. hehe

Circle Time

Setelah anak-anak selesai mandi, rapi, dan wangi, saatnya mengajak mereka melakukan circle time. Ini adalah waktu untuk fokus, belajar tentang adab menuntut ilmu, dan belajar mendengarkan. Circle time ini diawali dengan mengajak anak-anak duduk tenang di karpet ruang belajar atau learning center. Mengucapkan basmallah, alfatihah, syahadat, doa sebelum belajar, murajaah dan tilawah bersama-sama. Setelah itu, kita sampaikan ini hari apa, tanggal berapa, hari ini mau belajar apa, dan atau membaca buku apa.

Khusus bulan Ramadhan, aku bikin board activities seperti ini. Di board ini aku pasang aktivity bags untuk 7 hari. Jadi anak-anak aku minta membuka satu bag satu hari