Mengapa budi utomo di lahirkan?​

Posted on

Mengapa budi utomo di lahirkan?​

Karena, dengan lahirnya Budi Utomo banyak orang yang mulai sadar, membangun kekuatan dan bergerak bersama untuk mencapai cita-cita bangsa, yakni persatuan dan kesatuan.

PEMBAHASAN:

Organisasi pergerakan nasional pertama, yaitu Budi Utomo (BU) didirikan pada 20 Mei 1908. Kelahiran organisasi ini dianggap sebagai cikal bakal pergerakan nasional Indonesia oleh karena itu hari kelahirannya dijadikan sebagai hari Kebangkitan Nasional.

Budi Utomo didirikan oleh Sutomo atas anjuran Dr. Wahidin Sudirohusodo. Kedua orang tokoh ini bersama tokoh terpelajar lainnya aktif dan berikan pendidikan dan pengajaran di sekolah.

Budi Utomo menjadi organisasi pertama kebangkitan bangsa dalam mencapai kemerdekaan. dari organisasi ini banyak melahirkan tokoh-tokoh revolusioner, dari organisasi ini banyak muncul pemikiran pemikiran dan gagasan gagasan kebangsaan yang memberikan spirit perjuangan bagi bangsa Indonesia untuk memperoleh kemerdekaan hingga pada akhirnya hari kebangkitan nasional menjadi tonggak awal perjuangan bangsa dalam mencapai.

pergerakan nasional yang di mulai dari berdirinya organisasi Budi Utomo merupakan alumni pergerakan yang bertujuan untuk mencapai kemerdekaan yang lebih terorganisir.

PELAJARI LEBIH LANJUT:

DETAIL JAWABAN:

  • Kelas: 8 SMP
  • Mapel: PPKn
  • Kode Mapel: 9
  • Kode Kategori: 8.9.4
  • Bab: 4
  • Sub Bab: Nilai dan Semangat Kebangkitan Nasional 1908 dalam Perjuangan Kemerdekaan Bangsa

Kata Kunci: mengapa budi utomo di lahirkan?

_________

~VVM