Contoh kekerasan struktural

Posted on

Contoh kekerasan struktural

Jawaban Terkonfirmasi

Contoh kekerasan strukural adalah pembuatan perijinan yang dipersulit oleh aparat yang menginginkan uang "pelicin" sebagai syarat perijinannya. Kekerasan struktural adalah bentuk kekerasan yang berada pada ranah struktural seperti  akses terhadap sumber daya, kekuasaan politik, pendidikan, pelayanan kesehatan, atau legal standing.

Berikut akan kakak perjelas mengenai apa itu kekerasan struktural pada pembahasan dibawah ini ! ^^

Pembahasan

Kekerasan struktural menurut Johan Galtung (1969), merupakan saat kebutuhan dasar manusia tidak terpenuhi, potensi manusia dibatasi dan rentang hidup yang singkat karena ketidaksetaraan dalam cara struktur politik dan ekonomi dari masyarakat mendistribusikan sumber daya. Kekerasan struktural merupakan tindakan yang brutal dimana dapat dengan mudah menarik perhatian, dapat dengan mudah untuk disadari sehingga kita kerap kali menanggapi kekerasan tersebut secara langsung. Akan tetapi, kekerasan struktural tidak dapat terlihat karena tertanam dalam struktur sosial serta dinormalisasi oleh lembaga yang kuat dan berpengalaman. Contohnya ada pada birokrasi pemerintahan sebelum dibenahi, yaitu sebelum era kepemimpinan Joko Widodo.

Kekerasan struktural erat kaitannya dengan tindakan korupsi yang sudah tertanam dalam struktur birokrasi.  Hal tersebut nampak pada rumit dan lamanya suatu perijinan yang mensyaratkan nominal uang lebih banyak dibandaingkan dengan prosedur resminya.

Sekian dari kakak, semoga membantu ya! Semangat! (^^)9

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang bentuk – bentuk kekerasan : brainly.co.id/tugas/4547470

—————————————————————————

Detil jawaban

Kelas: 11

Mapel: Sosiologi

Bab: 2 – Konflik Sosial dan Masyarakat

Kode: 11.20.2

Kata Kunci: contoh kekerasan struktural

Gambar Jawaban