Menyebutkan pengaruh perubahan dan interaksi ruang antar negara terhadap kehidupan sosial

Posted on

Menyebutkan pengaruh perubahan dan interaksi ruang antar negara terhadap kehidupan sosial

1. dalam ekonomi, kondisi perekonomian yang tidak merata dikawasan asia tenggaram memicu mobilitas penduduk antar negara ke negara lain. negara yang maju dengan pendapatan tinggi cenderung akan menjadi tujuan dari mobilitas ini. sedangkan bagi negara-negara dikawasan asia tenggara, pemilik modal, maka akan memolisasi dananya kedaerah yang punya potensi alam besar namun minim sumber daya manusianya.

2. dalam sosial budayanya,  adanya pengaruh globalisme yang saling memberikan pengaruh antar sosial budaya masing-masing negara. setiap negara berusaha untuk menyebarkan pengaruh sosial budayanya, sehingga timbul pluralisme di tengah masyrakat, baik pluralisme dalam beragam, sosial atau budaya.

3. kalau bidang politiknya, interaksi ruang dan perubahan ruang dapat memicu timbulnya konflik sosial dan integrasi sosial. bahkan memicu terjadinya perang dingin antara negara tetangga.

4. dan yang terakhir adalah pendidikan, perubahan ruang mendorong negara-negara berkembang dalam satu kawasan asia tenggara, untuk meningkatkan taraf pendidikannya dengan sedikit banyak mengadopsi dari negara tetangga.