Uraikan apa yg di maksud diakronik

Posted on

Uraikan apa yg di maksud diakronik

Secara etimologis kata diakronik berasal dari bahasa Yunani, yaitu dia dan chronoss. Dia mempunyai arti melintas, melampaui, atau melalui, sedangkan chronoss berarti waktu. Jadi diakronik berarti sesuatu yang melintas, melalui, dan melampaui dalam batasan waktu. Diakronik adalah berpikir secara kronologis (urut) menganalisa sesuatu. Yang dimaksud kronologis sendiri adalah catatan kejadian-kejadian yang diurutkan sesuai dengan waktu kejadiannya. Berarti sejarah yang bersifat diakronik juga berarti memanjang dalam waktu tetapi terbatas dalam ruang. Sejarah mengajarkan kepada kita cara berpikir diakronik/kronlogis, artinya berpikirlah secara runtut, teratur, dan berkesinambungan.

Contohnya yaitu :

1) Kronologi Pertempuran Ambarawa ( 20 Oktober – 15 Desember 1945)

a.Tentara Sekutu yang diboncengi NICA mendarat di Semarang pada tanggal 20 Oktober 1945

b.Tanggal 23 November 1945 ketika matahari mulai terbit, mulailah terjadi tembak-menembak antara para pejuang kemerdekaan dengan pasukan Sekutu.

c.Kolonel Soedirman mengadakan rapat rapat dengan para Komandan Sektor TKR dan Laskar pada tanggal 11 Desember 1945

d.Serangan mulai dilancarkan pada tanggal 12 Desember 1945 pukul 4.30 pagi.

e.Pertempuran berakhir pada tanggal 15 Desember 1945 dan Indonesia berhasil merebut ambarawa.Sekutu dibuat mundur ke Semarang.

2) Kronologi Pertempuran Surabaya ( 27 Oktober-20 November 1945)

a.Tentara Inggris bersama NICA mendarat di Surabaya pada tanggal 25 Oktober 1945.

b.Setelah insiden perobekan bagian biru bendera Belanda, pada tanggal 27 Oktober 1945 meletuslah pertempuran pertama antara Indonesia melawan tentara Inggris.

c.Gencatan senjata antara pihak Indonesia dengan pihak tentara Inggris ditandatangani pada tanggal 29 Oktober 1945.

d.Setelah gencatan senjata, bentrokan-bentrokan tetap saja terjadi sampai berpuncak pada terbunuhnya Brigadir Jendral Mallaby (pimpinan tentara Inggris untuk Jawa Timur) pada tanggal 30 Oktober 1945 sekitar pukul 20.30.

e.Pengganti Mallaby, Mayor Jendral Eric Carden Robert Mansegh mengeluarkan ultimatum pada 10 November 1945 untuk meminta pihak Indonesia menyerahkan persenjataan dan menghentikan perlawanan.

f.Ultimatum itu tidak dihiraukan. Pada tanggal 10 November pagi tentara Inggris melancarkan serangan besar-besaran.