Menjelaskan prinsip2 persatuan dalam keberagaman​

Posted on

Menjelaskan prinsip2 persatuan dalam keberagaman​

1.) prinsip bhineka tunggal ika

prinsip ini mengharuskan kita mengakui bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang memiliki keberagaman suku, bahasa, agama, dan adat kebiasaan.

2.) prinsip nasionalisme Indonesia

nasionalisme merupakan paham yang mencintai tanah air, adanya kesiapsiagaan dari warga negara untuk membela tanah airnya. kita mencintai bangsa kita, namun bukan berarti mengagung agungkan bangsa kita sendiri. nasionalisme Indonesia tidak berarti bahwa kita merasa lebih unggul dari pada bangsa lain. kita tidak ingin memaksakan kehendak kepada bangsa lain.

3.) prinsip kebebasan yang bertanggung jawab

setiap warga negara memiliki kebebasan untuk melakukan sesuatu, tetapi bukan kebebasan yang kebablasan. namun, kebebasan yang dipertanggungjawabkan di hadapan Tuhan YME, kepada sesama manusia, serta kepada bangsa dan negara.

4.) prinsip wawasan nusantara

wawasan nusantara merupakan cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya yang merupakan satu kesatuan ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan Keamanan.

5.) prinsip persatuan Pembangunan untuk mewujudkan cita cita Reformasi

dengan semangat persatuan Indonesia, kita harus dapat mengisi kemerdekaan serta melanjutkan pembangunan menuju masyarakat yang adil dan makmur sebagai cita cita bangsa di era reformasi ini.