Tolong di jawab yah pulau :sumatra

Posted on

provinsi: aceh, sumatra utara, sumatra barat, riau, kepulauan riau ,apa potensi sumber daya alamnya​

Tolong di jawab yah pulau :sumatra

Tolong di jawab yah pulau :sumatra

Jawaban:

1.ACEH.

Sumber daya pertanian di Daerah Istimewa Aceh memiliki potensi yang tersebar di kawasan Subulussalam, Singkil, Kota Lokop, dan Pulau Banyak dengan komoditas antara lain kelapa sawit, karet, dan coklat. Potensi perkebunan rakyat meliputi komoditas seperti pala, cengkeh, nilam, tebu, kopi, melinjo, dan kemiri.

2.SUMATERA UTARA.

Potensi sumber daya alam provinsi Sumatera Utara: kelapa sawit, karet, kakao, jagung, pinang dan palawija. Di Pantai Barat, potensinya ikan laut, udang, rumput laut dan ikan olahan. Sedangkan dataran tinggi mulai sayur, buah-buahan, kopi, kemenyan, damar, kulit manis dan minyak nilam.

3.SUMATERA BARAT.

Sumber daya alam yang ada di Sumatra Barat adalah berupa batubara, batu besi, batu galena, timah hitam, seng, mangan, emas, batu kapur (semen), kelapa sawit, kakao, gambir dan hasil perikanan. … Ikan kerapu, udang, rumput laut, kepiting, dan mutiara merupakan beberapa hasil perikanan laut andalan.

4.RIAU.

Riau saat ini merupakan salah satu provinsi terkaya di Indonesia, dan sumber dayanya didominasi oleh sumber alam, terutama minyak bumi, gas alam, karet, kelapa sawit dan perkebunan serat.

5.KEPULAUAN RIAU.

Kepulauan Riau memiliki potensi sumber daya alam mineral, dan energi yang relatif cukup besar, dan bervariasi baik berupa bahan galian A (strategis) seperti minyak bumi, dan gas alam, bahan galian B (vital) seperti timah, bauksit, dan pasir besi, maupun bahan galian golongan C seperti granit, pasir, dan kuarsa.

Penjelasan:

semoga bermanfaat

maaf kalo salah

Follow y!!!

Jawaban:Sumber daya alam yang ada di pulau sumatera berupa bahan tambang antara lain:

bauksit, minyak bumi dan gas alam., timah,  granit,  semen, batubara


Sumber daya alam dari laut seperti beraneka jenis ikan, budidaya kerapu, rumput laut, udang, kepiting dan mutiara

maaf kl salah: