Terangkan cara menganalisis peluang usaha produk kerajinan?

Posted on

Terangkan cara menganalisis peluang usaha produk kerajinan?

Jawaban Terkonfirmasi

Menganalisis peluang usaha produk kerajinan bertujuan untuk menemukan peluang dan potensi usaha produk kerajinan yang dapat dimanfaatkan serta untuk mengetahui besarnya potensi usaha yang tersedia dan berapa lama usaha dapat bertahan.

Pembahasan  

Secara rinci ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan dalam menganalisis peluang usaha produk kerajinan yaitu :

Penetapan Kelayakan Usaha Produk Kerajinan

Menemukan jawaban tentang peluang usaha produk kerajinan dapat dijual dan biaya yang dikeluarkan serta produk kerajinan yang dapat menghasilkan laba.

Pada tahap analisis kelayakan usaha produk kerajinan ini ada beberapa langkah yang harus dilakukan yaitu :

Analisis Kelayakan Teknis, dalam melaksanakan analisis kelayakan teknis, perlu diperhatikan berbagai macam teknis pembuatan karya kerajinan seperti yang telah kita pelajari pada materi terdahulu.

Analisis Peluang Pasar, diperlukan riset pasar untuk menemukan pasar yang menguntungkan, memilih produk kerajinan yang dapat dijual, menerapkan teknik pemasaran yang baik, dan merencanakan sasaran pelanggan. Tujuan riset pasar adalah mengumpulkan informasi untuk pengambilan keputusan tentang usaha kerajinan yang akan dibuka.

Menentukan Jumlah Pembelian Potensial dalam Tiap-Tiap Segmen Pasar, pada langkah ini terkait dengan perkiraan konsumen potensial dari produk kerajinan baru oleh tiap-tiap segmen pasar pada periode sekarang dan yang akan datang.  

Sumber Informasi Pasar, untuk mengevaluasi peluang pasar masa sekarang dan yang akan datang dari usaha produk kerajinan. Dua pendekatan untuk memperoleh data tentang informasi tersebut adalah mengadakan penelitian secara spesifik yang dirancang untuk mengumpulkan informasi yang dinamakan dengan data primer dan menemukan data relevan yang berasal dari Lembaga.  

Uji Coba Pasar, untuk mengurangi risiko yang ada pada usaha produk kerajinan baru dan menilai keberhasilannya. Metode yang digunakan adalah pameran perdagangan, menjual pada sejumlah konsumen terbatas, dan menggunakan uji coba pasar. Uji coba pasar juga memberikan kemungkinan paluang dalam pemasaran, distribusi, dan pelayanan.

Studi Kelayakan Pasar, bagi usaha baru cenderung memakan waktu yang banyak dan merupakan tugas yang rumit. Studi kelayakan pasar dapat mengurangi risiko kerugian dan kegagalan usaha produk kerajinan.

Analisis Kelayakan Finansial

Merupakan landasan untuk menentukan sumber daya finansial yang diperlukan untuk tingkat kegiatan tertentu dan laba yang bisa diharapkan. Kebutuhan finansial dan pengembalian bisa berbeda tergantung pada pemilihan alternatif yang ada bagi usaha baru. Ada dua langkah dasar untuk pemilihan alternatif dalam analisis kelayakan finansial, yaitu :

Penentuan kebutuhan finansial total dengan dana yang diperlukan untuk operasional, kebutuhan finansial hendaknya diproyeksikan tiap bulan untuk operasi tahun pertama dari usaha produk kerajinan baru dan diperlukan juga proyeksi kebutuhan keuangan untuk tiga sampai lima tahun yang akan datang.

Penentuan sumber daya finansial yang tersedia, merupakan proyeksi sumber daya finansial yang tersedia dan dana yang dihasilkan dalam operasi perusahaan. Dalam menentukan sumber daya finansial potensial yang tersedia, harus dibedakan sumber finansial jangka pendek, menengah, dan  panjang.

Analisis Persaingan

Semua usaha produk kerajinan akan menghadapi persaingan baik persaingan langsung, yaitu dari produk kerajinan yang sejenis maupun persaingan produk perusahaan kerajinan lain pada pasar yang sama. Analisis persaingan ini sangat penting untuk pengembangan dan keberlanjutan usaha produk kerajinan.

Detail Jawaban  

Kelas      : XI  

Mapel      : Wirausaha

Bab          : –

Kode       : 11.23

#AyoBelajar