dalam faktor produksi rumah tangga produsen membeli faktor faktor produksi kepada rumah tangga konsumen. manfaat apa yg diperoleh rumah tangga produsen ketika membeli faktor-faktor produksi kepada konsumen?

Posted on

dalam faktor produksi rumah tangga produsen membeli faktor faktor produksi kepada rumah tangga konsumen. manfaat apa yg diperoleh rumah tangga produsen ketika membeli faktor-faktor produksi kepada konsumen?

Jawaban Terkonfirmasi

Manfaat yang diperoleh rumah tangga produsen ketika membeli faktor-faktor produksi kepada konsumen adalah produsen dapat memproduksi barang dan jasa yang dibutuhkan oleh konsumen

Pembahasan

Produksi adalah kegiatan yang cukup penting dalam suatu pabrik atau perusahaan. Dalam melaksanakan suatu kegiatan produksi diperlukan beberapak faktor salah satunya adalah tersedianya barang mentah yang akan digunakan untuk membuat suatu produk baik itu berupa produk jadi ataupun barang setengah jadi. Ketersediaan bahan mentah adalah hal yang menjamin kelancaran proses produksi. Jika bahan yang dibutuhkan untuk kegiatan produksi tidak tersedia maka perusahaan akan dihadapi oleh beberapa hal, salah satunya perusahaan akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan atau reputasi perusahaan dapat menurun jika tidak dapat memenuhi keinginan pelanggan.  Oleh karena itu menurut Freddy Rangkuty persediaan memiliki beberapa fungsi diantaranya :

1. Fungsi Decoupling, persediaan yang dapat memenuhi permintaan pelanggan tanpa bergantung kepada supplier

2. Fungsi economic lot sizing, persediaan yang mempertimbangkan beberapa hal yang berkaitan dengan biaya seperti biaya angkut per unit barang, potongan harga pembelian, dan sebagainya.

3. Fungsi antisipasi, apabila perusahaan dapat meramalkan jumlah permintaan yang akan datang berdasarakan dari pengalaman atau data masa lalu.  

Pelajari lebih lanjut

1. Pengertian Persediaan brainly.co.id/tugas/6340402

2. Faktor-faktor yang Dapat Mempengaruhi Persediaan brainly.co.id/tugas/14445565

3. Jenis-jenis Persediaan brainly.co.id/tugas/14994080

Detail Jawaban  

Kelas : 10

Mapel : Ekonomi

Bab : Peran Pelaku Ekonomi dalam Kegiatan Ekonomi  

Kode : 10.12.2

Kata Kunci : Produksi