Apa yang dimaksud dengan tenaga endogen dan tenaga eksogen dan berikan masing masing contohnya

Posted on

Apa yang dimaksud dengan tenaga endogen dan tenaga eksogen dan berikan masing masing contohnya

Tenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi. Contoh tenaga endogen ialah:

  • Tektonisme
  • Vulkanisme, dan
  • Seisme

Sementara itu, tenaga eksogen merupakan tenaga yang berasal dari permukaan bumi. Contoh tenaga eksogen ialah:

  • Pelapukan
  • Pengikisan
  • Sedimentasi, dan
  • Denudasi

   Pembahasan

     Lapisan keras dipermukaan bumi yang tersusun atas bebatuan dan berbagai lelehan batuan (magma) pada permukaan bumi disebut litosfer. Kamu dapat menyebut litosfer sebagai kulit bumi.

     Terdapat berbagai macam aktivitas yang terjadi di litosfer, misalnya pergerakan magma dan pergeseran lempeng tektonis. Semua aktivitas itu dapat dikelompokkan berdasarkan dari mana aktivitas itu berasal.

    Aktivitas di litosfer yang berlangsung di dalam bumi merupakan aktivitas yang disebabkan oleh tenaga endogen. Sementara itu, aktivitas di litosfer yang berlangsung di permukaan bumi merupakan aktivitas yang disebabkan oleh tenaga eksogen. Secara lebih rinci, apakah yang dimaksud dengan tenaga endogen dan eksogen?

A) TENAGA ENDOGEN

    Tenaga endogen ialah tenaga pembentuk muka bumi yang berasal dari dalam bumi. Beberapa kenampakan alam yang terbentuk akibat adanya tenaga endogen misalnya adalah terbentuknya pegunungan dan pulau.

    Berbagai aktivitas di litosfer yang berlangsung di dalam bumi yang menjadi tenaga pembentuk muka bumi dijelaskan sebagai berikut.

  1. TEKTONISME; merupakan aktivitas kulit bumi berupa pergeseran lempeng tektonis. Lempeng tektonis berada di atas mantel bumi dan menyatu dengan bagian teratas muka bumi. Bergeraknya lempeng tektonis menandakan bergeraknya pulau dan benua di permukaan bumi. Contoh kenampakan alam yang disebabkan oleh aktivitas tektonisme ialah terbentuknya pegunungan dan pulau, jurang, palung, dsb.
  2. VULKANISME; merupakan aktivitas kulit bumi berupa pergerakan magma. Magma berasal dari lelehan batuan yang diakibatkan oleh gesekan lempeng tektonik. Magma yang keluar dan menyebar di permukaan bumi disebut lava. Gunung api adalah salah satu kenampakan alam hasil dari adanya aktivitas magma di kulit bumi.
  3. SEISME; lebih tepatnya ialah suatu aktivitas di kulit bumi yang disebabkan oleh tektonisme dan vulkanisme. Seisme sendiri ialah guncangan yang terjadi di kulit bumi; nama lainnya ialah gempa bumi. Bergeraknya lempeng tektonis dan magma tentu akan menyebabkan terbentuknya guncangan di kulit bumi.

B) TENAGA EKSOGEN

    Tenaga eksogen adalah kebalikan dari tenaga endogen. Tenaga eksogen merupakan tenaga pembentuk muka bumi yang berasal dari pergerakan massa di permukaan bumi. Massa yang dimaksud ialah dapat berupa air, udara, bebatuan, angin, dsb.

    Berbagai aktivitas yang berlangsung di bagian teratas litosfer dan menjadi tenaga pengukir kenampakan alam di muka bumi dijelaskan sebagai berikut.

  1. PELAPUKAN; merupakan proses pengelupasan bagian luar bebatuan atau permukaan bumi. Pelapukan terbagi menjadi 3, yaitu pelapukan mekanis, kimia, dan organik. Masing-masing jenis pelapukan terjadi melalui caranya sendiri.
  2. PENGIKISAN; merupakan proses terkikisnya bebatuan atau tanah hingga dapat membentuk kenampakan alam seperti jurang, lembah, air terjun, tebing terjal, dsb. Pengikisan dapat terjadi dengan bantuan air, angin, dll.
  3. SEDIMENTASI; juga disebut pengendapan, merupakan proses mengendapnya hasil pengikisan/pelapukan batuan di suatu tempat. Beberapa contoh kenampakan alam hasil proses sedimentasi adalah Delta, Sungai meander, dan Gumuk pasir.
  4. DENUDASI; merupakan proses perombakan alam yang terjadi akibat erosi dan pelapukan. Akibat dari adanya denudasi misalnya adalah terjadinya tanah longsor (landslide).

Pelajari Lebih Lanjut

1. DINAMIKA LITOSFER DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN:

brainly.co.id/tugas/23678809

_________________

Detail Jawaban

bold {Mapel::} Geografi

bold {Kelas::} 10

bold {Materi::} Dinamika Litosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan

bold {Kode:Kategorisasi::} 10.8.4

Kata Kunci : Tenaga endogen, Tenaga eksogen, Litosfer