Apa pengaruh letak geografis Indonesia terhadap keragaman flora fauna nya​

Posted on

Apa pengaruh letak geografis Indonesia terhadap keragaman flora fauna nya​

Jawaban:

Pengaruh letak geografis Indonesia terhadap keragaman flora dan faunanya, adalah :

Flora dan fauna di Indonesia beranekaragam dan memiliki kemiripan dengan flora dan fauna yang terdapat di Benua Asia dan Benua Australia.

Pembahasan

Indonesia memiliki berbagai jenis flora (tumbuhan) dan fauna (hewan) yang tersebra di seluruh wilayah.

Klasifikasi fauna di Indonesia dibagi menjadi tiga jenis, yaitu :

Fauna tipe Asiatis, merupakan fauna yang terdapat di Indonesia bagian Barat. Jenis fauna di willayah ini memiliki kemiripan dengan fauna yang terdapat di Benua Asia. Fauna Asiatis terdapat pada Pulau Jawa, Sumatera dan Kalimantan. Ciri – ciri dari Fauna Asiatis adalah tidak memiliki kantung, mamalia berukuran besar dan berbagai macam kera. Contoh fauna Asiatis antara lain adalah : badak bercula satu, orang utan, gajah, harimau, tapir dan trenggiling.

Fauna tipe Peralihan, merupakan jenis fauna yang terdapat pada wilayah Indonesia Tengah yang merupakan hasil perpaduan karakteristik hewan Asiatis dan Australis, atau merupakan hewan endemik yang hanya terdapat pada wilayah ini saja. Fauna perlalihan terdapat di Pulau Sulawesi, Maluku dan Nusa Tenggara. Ciri – ciri fauna peralihan adalah bersifat endemik atau hanya ada di wilayah ini saja. Contohnya adalah hewan Komodo, yang hanya terdapat di  Pulau Komodo saja.

Fauna Tipe Australis, merupakan jenis fauna yang terdapat di Indonesia Timur. Jenis fauna di wilayah ini memiliki kemiripan dengan fauna yang terdapat di Benua Australia. Fauna Australis terdapat di Pulau Papua dan Kepulauan Maluku. Ciri – ciri hewan Australis adalah mamalia berkantung dan burung berwarna cerah. Contoh fauna yang termasuk dalam fauna Australis adalah Kangguru Pohon, Burung Nuri, Burung Kasuari, dan Burung Cendrawasih.

Materi tentang garis Wallace dan garis Weber,

Detil Jawaban

Kelas : 7

Mata Pelajaran : Geografi

Bab : Kondisi Geografis Indonesia

Kode : 7.8.2

Kata Kunci : pengaruh letak geografis terhadap persebran flora dan fauna di Indonesia