Tuliskan perbedaan struktur, fungsi dan materi penyusunan DNA dan RNA dalam bentuk tabel!

Posted on

Tuliskan perbedaan struktur, fungsi dan materi penyusunan DNA dan RNA dalam bentuk tabel!

Jawaban Terkonfirmasi

DNA dan RNA berfungsi dalam sintesis protein. DNA sebagai penyususun kromosom yang menentukan sifat suatu organisme. Struktur DNA rantai ganda berpilin, sedangkan RNA rantai tunggal.

Pembahasan

DNA dan RNA merupakan komponen terpenting dalam proses pembentukan atau sintesis protein. Keduanya memiliki perbedaan dan memiliki perannya masing-masing dalam pembentukan atau sintesis protein. DNA merupakan penyusun kromosom yang ada di dalam inti.

Pelajari lebih lanjut tentang kromosom di: brainly.co.id/tugas/23162387.

Beberapa perbedaan dari DNA dan RNA sebagai berikut:

1. Fungsi DNA dan RNA.

Fungsi DNA lebih kompleks, yaitu sebagai pengendali aktivitas genetis (faktor keturunan) dan kegiatan sintesis protein atau diistilahkan sebagai arsitek sintesis protein. Adapun pada RNA hanya sekedar berfungsi sebagai pengendali sintesis protein saja atau diistilahkan sebagai pelaku sintesis protein.

2. Perbedaan Letak DNA dan RNA.

Letak DNA maupun RNA juga berbeda. DNA umumnya dapat  ditemukan hanya pada inti sel, sementara RNA bisa ditemukan pada beberapa organel sel antara lain di inti sel, sitoplasma, maupun ribosom.  

3. Perbedaan bentuk maupun ukuran DNA dan RNA.

DNA merupakan gugus asam amino berbentuk rantai ganda yang berpilin (double helix), sedangkan RNA adalah gugus asam amino yang berupa rantai tunggal dan pendek. Oleh karena itu, secara ukuran, bentuk DNA umumnya lebih panjang dengan bentuk membulat, sementara ukuran RNA lebih pendek dengan bentuk yang lebih tipis.

Pelajari lebih lanjut tentang macam-macam RNA di: brainly.co.id/tugas/17479893.

4. Perbedaan komponen gula penyusun DNA dan RNA.

Gugus gula yang menyusun DNA adalah gugus deoksiribosa, sedangkan gugus gula yang menyusun RNA adalah ribosa. Deoksiribosa merupakan gabungan dua gugus gula ribosa.

5. Perbedaan jenis basa nitrogen.

Perbedaan DNA dan RNA juga terletak pada jenis basa nitrogen penyusunnya. DNA dan RNA terdiri dari dua jenis basa nitrogen yaitu purin dan pirimidin. Pada DNA terdapat basa purin yang terdiri dari adenin dan guanin, sedangkan basa pirimidin terdiri dari sitosin dan timin. RNA terdapat basa purin yang terdiri dari adenin dan guanin, sedangkan pada basa pirimidin terdiri dari sitosin dan urasil.

6. Perbedaan kadar atau jumlah DNA dan RNA.

Kadar RNA dapat berubah-ubah karena adanya aktivitas sintesis protein, sedangkan pada kadar DNA bersifat statis atau tetap karena tidak dipengaruhi aktivitas sintesis protein maupun aktivitas genetis.

Pelajari lebih lanjut sintesis protein di: brainly.co.id/tugas/17512228.

Detil jawaban

Kelas: 12

Mapel: Biologi

Bab: Materi Genetika

Kode: 12.4.3

Kata kunci: DNA, RNA, perbedaan DNA dan RNA, persamaan DNA dan RNA