Bahasa jepang ulang tahun saya tanggal dua bulan juni ​

Posted on

Bahasa jepang ulang tahun saya tanggal dua bulan juni ​

Bahasa Jepang nya "Ulang tahun saya tanggal dua bulan Juni" adalah ​わたしの たんじょうびは ろくがつ ふつかです (Watashi no tanjoubi wa rokugatsu futsuka desu).

                                                   

PEMBAHASAN

わたし (Watashi) = Saya, Aku

Kata ini termasuk sopan, dan dapat digunakan ke siapapun oleh siapapun. Bisa digunakan laki-laki maupun perempuan. Namun kebanyakan laki-laki tidak menggunakan kata ini ke teman, melainkan dengan menggunakan おれ [Ore] yang artinya seperti "gua" dalam Bahasa Indonesia, atau bisa juga menggunakan ぼく [Boku] untuk yang sopannya.

– – – – – –

の (No) / Partikel

Partikel ini memiliki beragam fungsi. Salah satu fungsinya yang digunakan pada kalimat ini adalah untuk menyatakan suatu kepemilikan. Misal pada kalimat [A no B], artinya adalah [B (milik) A] atau [B (nya) A].

– – – – – –

たんじょうび (Tanjoubi) = Ulang tahun

Merupakan istilah yang digunakan untuk mengatakan "ulang tahun" dalam Bahasa Jepang. Arti lengkapnya adalah "hari ulang tahun", namun dalam Bahasa Indonesia biasa hanya "ulang tahun" saja.

– – – – – –

は (Wa) / Partikel

Partikel ini ditulis dengan hiragana Ha, tapi dibaca Wa. Fungsi utamanya yaitu untuk penanda topik/subjek. Dalam beberapa situasi, partikel ini juga dapat diartikan sebagai 'adalah'.

– – – – – –

ろくがつ (Rokugatsu) = Bulan Juni

Dapat juga berarti "bulan enam". ろく (Roku) artinya "enam", dan がつ (Gatsu) artinya "bulan". Penyebutan bulan dalam Bahasa Jepang sangatlah mudah. Polanya adalah [(Bilangan Bulan) + gatsu]. Lebih lengkapnya bisa dilihat di link yang saya kasih di bawah.

– – – – – –

ふつか (Futsuka) = Tanggal 2

Merupakan salah satu dari beberapa penyebutan tanggal yang berbeda dengan pola nya. Pola untuk menyebut tanggal dalam Bahasa Jepang adalah [(Bilangan Tanggal) + nichi]. Namun pola ini tidak berlaku untuk beberapa tanggal. Lebih lengkapnya bisa dilihat di link yang saya kasih di bawah.

– – – – – –

です (Desu) / Penghalus kalimat

Kata ini tidak memiliki arti. Penggunaannya di akhir kalimat, untuk memperhalus kalimat tersebut. Tapi kata ini tidak dapat diletakkan setelah kata kerja. Untuk memperhalus kalimat yang diakhiri kata kerja, dapat dengan mengubah kata kerja tersebut ke bentuk-Masu.

                                                   

PELAJARI LEBIH LANJUT

  1. Bulan dalam Bahasa Jepang: brainly.co.id/tugas/46613895
  2. Tanggal, Bulan, Tahun dalam Bahasa Jepang: brainly.co.id/tugas/47056580
  3. Partikel Bahasa Jepang: brainly.co.id/tugas/46222257 , brainly.co.id/tugas/46293284

                                                   

DETAIL JAWABAN

  • Mapel: Bahasa Jepang
  • Kelas: 10 SMA
  • Materi: Tanjoubi / Ulang tahun
  • Kata Kunci: Bahasa Jepang ulang tahun saya tanggal dua bulan Juni
  • Kode Soal: 15
  • Kode Kategorisasi: 10.15