Tuliskan penjelasan kain motif bengkulu kain motif bersurek Tolong dijawab jangan ngasal​ Siapa cepat dikasih jawaban tercerdas​

Posted on

Tuliskan penjelasan kain motif bengkulu kain motif bersurek Tolong dijawab jangan ngasal​ Siapa cepat dikasih jawaban tercerdas​

Jawaban:

Secara etimologis ‘Besurek’ berasal dari kata ‘be’ termasuk awalan dengan pengertian ‘ber’ dan ‘surek’ yang berarti ‘surat’ atau ‘tulisan’. Sehingga, ‘Kain Besurek’ memiliki arti kain yang telah dipenuhi dengan surat atau tulisan berciri kaligrafi Arab. Corak kaligrafi arab menjadi ciri motif dari kain besurek yang terbagi atas tujuh jenis motif dasar Kain Besurek antara lain:[3]

Motif Kaligrafi Arab dipakai oleh pembantu Raja penghulu dan pengapit pengantin dalam ritual adat pernikahan sebagai destar atau penutup kepala. Umumnya motif jenis ini berwarna biru.

Motif Rembulan dan Kaligrafi Arab dikenakan oleh calon pengantin perempuan dalam salah satu rangkaian ritus adat pernikahan yaitu acara siraman. Motif Rembulan dan Kaligrafi Arab identik dengan warna merah.

Motif Kaligrafi Arab Kembang Melati digunakan untuk ritual adat cukur bayi dengan warna dominan merah manggis.

Motif Kaligrafi Arab Burung Kuau dipakai dalam pada rangkaian upacara perkawinan oleh calon pengantin putri ziarah kubur. Dominasi warna pada motif ini adalah merah.

Motif Pohon Hayat Burung Kuau Kaligrfi Arab digunakan pada hiasan yang disampirkan dalam bilik pengantin. Dominasi warna biru sangat kentara dalam motif ini.

Motif Kaligrafi Arab Kembang Cengkih Kembang Cempaka dipakai dalam rangkaian ritual adat bedabung yaitu upacara mengikir gigi. Merah kecoklat-coklatan merupakan warna yang mendominasi dalam motif ini.

Motif Kaligrafi Arab Relung Paku Burung Punai dengan dominasi warna merah dipakai sebagai hiasan pembalut ayunan cukur bayi.