Jelaskan peranan makara bentuk hasil kebudayaan lokal dengan kebudayaan hindu budha

Posted on

Jelaskan peranan makara bentuk hasil kebudayaan lokal dengan kebudayaan hindu budha

Jawaban Terkonfirmasi

Sebelum menjawab tentang peranan makara bentuk hasil kebudayaan lokal dengan kebudayaan Hindu-Budha, kita terlebih dahulu membahas mengenai apa yang dimaksud dengan Makara. 

Pengertian Makara
Makara adalah hewan atau makhluk dalam mitologi hindu. yang umumnya di gambarkan dgn dua hewan gabungan (di bagian depan umumnya berwujud binatang seperti gajah atau buaya, rusa, bahkan kambing), di bagian belakang di gambarkan sebagai hewan air di bagian ekor seperti ikan naga atau sirip ikan.

Makara adalah wahan (kendaraan) dari dewi gangga dan dewa baruna, Gangga adalah dewi kesuburan dan penghapus dosa dari air suci yang ia keluarkan. Sedangkan Baruna adalah dewa laut, pengendali hujan dan dewa air (Terlampir contoh Makara dengan contoh bersirip ikan). 

Penjelasan
Beberapa makara berada di berbagai candi-candi Hindu-Budha, yang dibentuk dengan cara dipahat dan beberapa fungsinya adalah:

⊕ Sebagai Saluran air
Makara difungsikan untuk Jaladwara atau Saluran air, ini adalah fungsi yang paling umum di dalam pembuatan Makara di Candi Borobudur, Prambanan dan candi Hindu-Budha lainnya. 

⊕ Pelindung
Untuk melindungi jalan masuk ke kuil candi Hindu-Budha. 

⊕  Simbol
Makara dijadikan simbol dari keselamatan bangunan candi 

Untuk menambah pengetahuanmu tentang Makara,  klik link di bawah ini: 

Pengertian Makara
brainly.co.id/tugas/2502307

………………………………
Kelas: 10 (1 SMA)
Mata pelajaran: Sejarah
Kategori: Kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Kata kunci: Makara, Gangga, Wahana, Baruna

Gambar Jawaban