Tuliskan 3 macam tumbuhan beserta adaptasinya yang bertujuan untuk melindungi diri​

Posted on

Tuliskan 3 macam tumbuhan beserta adaptasinya yang bertujuan untuk melindungi diri​

Jawaban Terkonfirmasi

Mawar memiliki duri untuk melindungi diri dari serangan dari makhluk hidup lain

Buah kecubung memiliki racun untuk melindungi diri dari pemangsa

Buah kelapa memiliki cangkang keras untuk melindungi diri dari makhluk hidup lain yang ingin memakan daging buahnya

Pembahasan

Tumbuhan tidak dapat bergerak aktif seperti hewan dan manusia. Jika hewan dan manusia dapat berpindah untuk menghindar dari serangan pemangsa atau musuhnya, namun tidak demikian dengan tumbuhan. Maka, salah satu cara tumbuhan untuk bertahan hidup adalah dengan cara beradaptasi dengan lingkungannya maupun beradaptasi sehingga makhluk lain kesulitan untuk menyerangnya.

cara tumbuhan beradaptasi berbeda-beda. Berikut ini beberapa cara tumbuhan beradaptasi:

  • Tumbuhan yang mempertahankan diri dengan duri:

Mawar mempertahankan diri dengan duri-duri yang tumbuh di sepanjang batangnya. Duri yang dimiliki mawar ini menyulitkan makhluk hidup lain untuk hinggap dan merusak batangnya.

Buah durian melindungi diri dengan duri-duri di permukaan kulit buahnya. Dengan adanya duri-duri tersebut, durian melindungi daging buahnya agar tidak dimakan oleh makhluk hidup lain.

Kaktus memiliki duri-duri di seluruh batangnya. Selain untuk melindungi diri dari pemangsa, duri pada kaktus juga berfungsi sebagai daun. Karena bentuknya yang kecil dan runcing sehingga menyerupai duri, kaktus dapat menghambat penguapan, sehingga tidak kekurangan air.

  • Tumbuhan yang mempertahankan diri dengan racun:

Biji jarak memiliki racun yang berbahaya pada bijinya, sehingga pemangsa yang memakannya akan keracunan, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Biji kecubung juga memiliki racun yang sangat berbahaya. Racun pada biji kecubung dapat menimbulkan halusinasi bahkan hingga beberapa hari setelah mengonsumsinya.

  • Tumbuhan yang melindungi diri dengan cangkang yang keras:

Buah kelapa memiliki kulit yang tebal dan cangkang yang keras untuk mempertahankan buahnya agar tidak mudah rusak sekaligus melindungi diri dari pemangsanya.

Kelapa sawit juga memiliki cangkang yang keras, sehingga pemangsa akan sulit untuk memakan buahnya.

  • Tumbuhan yang melindungi diri dengan cara menggugurkan daunnya:

Pohon jati akan menggugurkan daunnya pada musim kemarau. Proses ini bertujuan untuk mengurangi penguapan dari daun, sehingga pohon jati tidak kekurangan air.

  • Tumbuhan yang melindungi diri dengan akar napas:

Tumbuhan bakau adalah salah satu tumbuhan yang memiliki akar napas. Akar napas adalah akar yang tumbuh menuju ke tempat yang memiliki kadar oksigen yang banyak.

  • Tumbuhan yang melindungi diri dengan getah:

Nangka memiliki getah yang sangat lengket pada buahnya. Getah ini bertujuan untuk melindungi diri dari pemangsa, karena ketika ada pemangsa yang mendekar, akan menempel pada getah dan kesulitan bergerak.

  • Tumbuhan yang melindungi diri dengan bulu halus:

Salah satu contoh tumbuhan yang melindungi diri dengan bulu-bulu halus adalah bambu. Bulu-bulu halus tersebut menimbulkan rasa gatal bila tersentuh.

Jelatang juga memiliki bulu-bulu halus pada daunnya. Jika bulu-bulu ini tersentuh, akan menimbulkan efek perih dan panas pada kulit.

  • Tumbuhan yang melindungi diri dengan bau yang menyengat:

Bunga bangkai memiliki bau yang sangat menyengat, sehingga hewan dan pemangsa lain engga mendekati tanaman ini karena baunya yang sangat busuk.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang adaptasi pohon mangrove : brainly.co.id/tugas/50811310
  2. Materi tentang cara tumbuhan beradaptasi : brainly.co.id/tugas/3441130
  3. Materi tentang cara tumbuhan melindungi diri : brainly.co.id/tugas/8815312

Detail jawaban

Kelas : 6

Mapel : IPA

Materi : Subtema 1 : Rukun dalam perbedaan

Kode : –

#TingkatkanPrestasimu