IPA Biologi *Pliss dibantu teman²*​

Posted on

IPA Biologi *Pliss dibantu teman²*​

IPA Biologi *Pliss dibantu teman²*​

Jawaban: Kelas: IX

Mata pelajaran: Biologi

Materi:  Reproduksi Tanaman

Kata kunci: perkembangbiakan vegetatif dan generatif

Saya akan mencoba menjawab pertanyaan ini dengan dua jawaban:

Jawaban pendek:

Persamaan perkembangbiakan vegetatif dan generatif:

1. sama-sama menghasilkan individu baru

2. sama-sama menghasilkan tanaman yang satu spesies

Perbedaan perkembangbiakan vegetatif dan generatif:

1. perkembangbiakan vegetatif terjadi tanpa penyerbukan

2. perkembangbiakan vegetatif menghasilkan tanaman yang sama persis dengan tanaman induk, sedangkan perkembangbiakan generatif menghasilkan tanaman yang memiliki sifat gabungan dari kedua induk

Jawaban panjang:

Tanaman dapat berkembang biak dengan cara vegetatif (tak kawin, atau aseksual) maupun generatif (kawin atau seksual).

Perkembangan generatif adalah perkembangan yang dihasilkan dari pembuahan sel sel kelamin betina pada tanaman oleh sel kelamin jantan. Misalnya adalah penyerbukan putih bunga oleh serbuk sari.

Sementara perkembangbiakan vegetatif adalah perkembangan yang dihasilkan tanpa pembuahan sel kelamin betina pada tanaman oleh sel kelamin jantan. Contohnya adalah umbi jalar, stek batang, pencangkokan, kultur jaringan ataupun rhizoma.

Baik perkembangbiakan vegetatif dan generatif akan individu baru dan individu anakan akan berupa tanaman yang satu spesies. Misalnya, baik penyerbukan pada bunga mangga maupun pencangkokan mangga akan menghasilkan mangga baru.

Perkembangbiakan vegetatif (takkawin) menghasilkan tanaman anakan yang dihasilkan memiliki sifat dan materi genetik sama persis dengan tanaman induk. Ini karena tidak ada penggabungan materi genetik dari dua individu seperti pada perkembangbiakan kawin (generatif).

Perkembangbiakan vegetatif dapat dilakukan tanpa penyerbukan, sehingga tidak perlu menunggu pertumbuhan bunga, penyerbukan bunga, tumbuhnya biji dan pembenihan. Karena itu perkembangbiakan vegetatif lebih cepat daripada perkembangbiakan generatif