Contoh Latihan fisik tidak efektif dalam menurunkan glukosa darah pada pasien DM tipe 2

Posted on

Contoh Latihan fisik tidak efektif dalam menurunkan glukosa darah pada pasien DM tipe 2

Jawaban:

Halo! Perlu diketahui dahulu apa itu DM tipe 2, yaitu sebuah jenis penyakit diabetes yang disebabkan oleh karena tidak stabil atau ketidaknormalan kadar gula dalam darah akibat kurangnya produksi insulin atau penolakan akan insulin yang merupakan hormon pengendali gula darah.

Penjelasan:

Latihan latihan fisik untuk mengurangi glukosa darah dalam pasien diabetes melitus tipe 2 bisa dilakukan dengan frekuensi ringan dan sedang, dan akan berubah menjadi tidak efektif atau cenderung berbahaya apabila dilakukan secara berlebihan dalam waktu dan tempo yang lebih panjang daripada seharusnya.

Pada penderita diabetes melitus tipe ini beberapa olahraga yang disarankan yaitu bersepeda, jogging, senam aerobik/senam biasa, jalan, berenang, maupun yoga.

Latihan fisik yang tidak efektif bagi penderita diabetes melitus tipe 2 misalnya dengan berolahraga dalam tempo waktu yang lama dan lebih dari 5 kali dalam seminggu. Ini akan berbahaya dan justru semakin mengurangi kadar gula dan produksi insulin akibat tubuh terlalu lelah dan kestabilan fisiologis terganggu.

Semoga membantu!