Manakah besaran turunan yang diturunkan dari besaran pokok berikut yang benar?

Posted on

a.volume diturunkan dari besaran pokok luas
b.berat diturunkan dari besaran pokok massa
c.luas diturunkan dari besaran pokok panjang
d.massa jenis diturunkan dari besaran pokook assa dan volume

Manakah besaran turunan yang diturunkan dari besaran pokok berikut yang benar?

[FISIKA]

=> c. luas diturunkan dari besaran pokok panjang

PEMBAHASAN

  • Besaran adalah segala sesuatu yang dapat diukur berdasarkan besaran dan satuannya. Sedangkan, satuan digunakan sebagai pembanding dalam pengukurannya. Hasil pengukuran besaran akan dinyatakan dalam bentuk satuan.

~Besaran berdasarkan nilai dan arahnya terbagi menjadi 2 yaitu besaran skalar dan besaran vektor.

Besaran skalar => Besaran yang hanya memiliki nilai dan tidak memiliki arah. Contoh besaran skalar adalah massa, luas, kelajuan, kelembaban, densitas, usaha, dll.

Besaran vektor => Besaran yang memiliki nilai dan arah. Contoh besaran vektor adalah momentum, kecepatan, percepatan, berat, impuls, dll.

~Besaran berdasarkan satuannya terbagi menjadi 2 yaitu besaran pokok dan besaran turunan.

Besaran pokok => Besaran yang satuannya telah ditentukan terlebih dahulu, yang tidak diturunkan dari besaran lain. dan juga telah ditetapkan secara internasional. Besaran pokok terdiri atas 7, yaitu :

begin{gathered}boxed{boxed{begin{array}{c|c|c|c}sf No&sf Besaran: Pokok&sf Lambang& sf Satuan\^{_____________}&^{__________________}&^{_______________}&^{_______________}\sf 1.&sf : Panjang& sf p& sf Meter: (m)\\sf : 2.& sf Massa& sf m& sf Kilogram: (kg)\\sf 3. &sf : Waktu&sf t& sf Sekon: (s)\\sf 4.&sf : Suhu&sf T& sf Kelvin: (K)\\sf 5.&sf : Kuat: Arus &sf l & sf Ampere: (A) \\sf 6.&sf : Intensitas: Cahaya &sf I & sf Candela (Cd) \\sf 7. &sf : Jumlah: Zat &sf N & sf mol\\\end{array}}}end{gathered}

Besaran turunan => Besaran yang satuannya diturunkan dari besaran pokok.

PENYELESAIAN

Opsi A = Rumus Volume => m³ => dimensi volume –  [L]³=> Berarti volume merupakan besaran turunan yang diturunkan dari besaran pokok panjang.

Opsi B = Rumus Berat => m × g => dimensi berat – [M] [L] [T]⁻²=> Berarti berat merupakan besaran turunan yang diturunkan dari besaran pokok massa dari massa, panjang dan waktu dari gaya gravitasi.

Opsi C = Rumus Luas => m² => dimensi luas –  [L]² => Berarti luas merupakan besaran turunan yang diturunkan dari besaran pokok panjang.

Opsi D = Rumus Massa Jenis => m/v => dimensi massa jenis – [M][L]-3=> Berarti massa jenis merupakan besaran turunan yang diturunkan dari besaran pokok massa dari massa, dan panjang dari volume.

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan di atas bearan turunan yang diturunkan dari besaran pokok yang benar adalah Opsi C yaitu luas diturunkan dari besaran pokok panjang.

_______________________________________

bold{PELAJARI: LEBIH: LANJUT:}

bold{DETAIL: JAWABAN}

Mapel : Fisika

Kelas : 7 (SMP)

Materi : 1 – Besaran dan pengukurannya

Kata kunci : Besaran Turunan, Besaran Pokok, Berat, Volume, Luas, Massa Jenis

Kode soal : 6

Kode kategorisasi : 7.6.1