Sejarah merupakan suatu peristiwa penting yang tidak bisa terulang kembali. Ada 4 ciri-ciri peristiwa sejarah yaitu …itu​

Posted on

Sejarah merupakan suatu peristiwa penting yang tidak bisa terulang kembali. Ada 4 ciri-ciri peristiwa sejarah yaitu …itu​

Jawaban:

1.Empiris

2.Unik

3.Penting

4.Memiliki Objek

Penjelasan :

1. Empiris

Empiris, artinya sejarah sangat bergantung pada pengalaman manusia. Pengalaman tersebut direkam dalam dokumen dan peninggalan sejarah lainnya, kemudian diteliti oleh sejarawah untuk menemukan fakta yang terjadi di masa lampau.

Jadi harus ada bukti obyektif terkait peristiwa sejarah selalu berdasarkan pengalaman manusia. Ciri-ciri sejarah ini untuk membuktikan apakah sebuah peristiwa tersebut asli atau karangan.

2. Unik

Ciri-ciri sejarah adalah unik karena hanya terjadi sekali saja. Peristiwa sejarah biasanya terjadi sekali saja dan nggak akan diulang lagi.

Semisal, kalian tiap hari pergi sekolah atau ke kantor. Jika kalain melewati peristiwa ini tak jauh berbeda dari hari biasanya, maka pergi sekolah tidak akan menjadi sejarah. Berbeda jika dalam prosesnya kalian mengalami peristiwa tertentu di jalan.

3. Penting

Ciri-ciri sejarah adalah penting, karena memuat peristiwa yang mempunyai dampak bagi kehidupan banyak orang. Sejarah umumnya selalu memuat peristiwa yang mempunyai dampak bagi kehidupan banyak orang.

Jika hanya menyangkut individu, peristiwa penting ini hanya akan menjadi sejarah pribadi yang nantinya cukup di tulis dalam biografi saja.

4. Abadi

Ciri-ciri sejarah adalah abadi karena dapat dikenang selamanya. Artinya, peristiwa sejarah tidak akan pernah berubah. Sejarah juga akan tetap dikenang sepanjang masa. Oleh karena itu, peristiwa sejarah dapat dikatakan abadi karena sudah terjadi dan tidak akan berubah.

5. Sejarah Memiliki Objek

Sejarah memiliki objek yaitu manusia sebagai pelaku sejarah, ruang menunjukan tempat terjadinya suatu peristiwa, waktu menunjukan kapan sebuah peristiwa itu terjadi.

Objek sejarah misalnya adalah waktu dalam kehidupan manusia. Sudut pandang waktu dijadikan sebagai objek dalam proses pembelajaran sejarah. Manusia dan masyarakat lah yang memegang peranan penting pada terjadinya sebuah peristiwa atau sejarah.

Karena sejarah itu yang menulis manusia, maka sejarah memiliki objek yaitu manusia itu sendiri sebagai pelaku sejarah.

Objek lain adalah ruang yang menunjukan tempat terjadinya suatu peristiwa. Dan yang terakhir adalah waktu untuk menunjukan kapan sebuah peristiwa itu terjadi.

6. Sejarah Memiliki Teori

Layaknya cabang ilmu pengetahuan lainnya, teori juga digunakan dalam pembelajaran sejarah. Kaidah-kaidah pokok dan teori sejarah digunakan untuk mendukung suatu argumen atas terjadinya sejarah yang telah terjadi.

7. Memiliki Metode

Ciri-ciri sejarah sebagai ilmu pengetahuan berikutnya adalah adanya metode pengamatan. Metode pengamatan merupakan metodologi dan cara-cara yang digunakan untuk mengamati sejarah.

Dalam rangka penelitian, sejarah mempunyai metodologi penelitian sendiri yang menjadi patokan-patokan tradisi ilmiah yang senantiasa dihayati.

8. Generalisasi

Ciri-ciri sejarah juga dapat digeneralisasi. Artinya berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat diambil kesimpulan umum untuk menggambarkan kejadian sejarah yang telah terjadi. Tentunya kesimpulan dan generalisasi ini ditentukan berdasakran teori, metode dan objek penelitian sejarah yang telah dilakukan.

Penjelasan: Aku kasih delapan beserta penjelasannya.

(tulis apa yang anda butuhkan)

Semoga Membantu 🙂

Jawaban:

-Empiris

-Unik.

-Penting.

-Abadi.

-Sejarah Memiliki Objek.

– Sejarah Memiliki Teori.

– Memiliki Metode.

-Generalisasi.

Penjelasan:

kalau bener follow ya