Jelaskan 3 contoh kenampakan alam yg terdapat pada peta beserta potensi sumber daya alam dan mata pencaharian yg sesuai

Posted on

Jelaskan 3 contoh kenampakan alam yg terdapat pada peta beserta potensi sumber daya alam dan mata pencaharian yg sesuai

Jawaban Terkonfirmasi

3 contoh kenampakan alam yang terdapat pada peta beserta potensi sumber daya alam dan mata pencaharian yang sesuai adalah:

  1. Sungai dengan potensi sumber daya alam jalur transportasi, sumber air untuk persawahan dan sumber air minum. Mata pencaharian yang sesuai di daerah sungai adalah petani padi.
  2. Danau dengan potensi sumber daya alam air, yang dapat digunakan untuk air minum, berternak ikan dan tempat wisata. Mata pencaharian yang sesuai di daerah danau adalah peternak ikan.
  3. Pantai dapat digunakan untuk membuat garam, mencari ikan dan tempat wisata. Mata pencaharian yang sesuai di daerah pantai adalah petani garam dan nelayan.

Pembahasan:

Kenampakan alam adalah segala sesuatu di alam yang merupakan hasil dari peristiwa alam, dan bukan merupakan akibat aktivitas manusia

Kenampakan alam di darat dapat berupa: dtaran rendah, dataran tinggi, pegunungan, gunung berapi, lembah, sungai atau bukit.

Sementara di perairan, kenampakan alam dapat berupa: danau, sungai, rawa, palung, terumbu karang atau atoll.

Kenampakan alam berbeda dengan kenampakan buatan, yang dibentuk dari aktivitas manusia yang merubah alam.

Misalnya, danau adalah kenampakan alam karena terbentuk dari fenomena alam, sementara, waduk adalah kenampakan buatan karena merupakan hasil kegiatan manusia yang membendung aliran air sungai dengan bendungan.  

Kenampakan alam memberi manfaat dan memiliki potensi sumber daya alam besar. Misalnya bagi petani, air dari danau dan sungai sangat penting sebagai sumber air untuk irigasi tanaman padi di sawah.

———————————————————————————————

Pelajari lebih lanjut

Detail Jawaban    

Kode:  8.10.3

Kelas: VIII

Mata Pelajaran: IPS

Materi: Bab 3 – Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam dalam Pembangunan Nasional

Kata Kunci: Kenampakan Alam

#TingkatkanPrestasimu