Ceramah10 menit jenis manusia sabar menerimah ujian allah swt ​

Posted on

Ceramah10 menit jenis manusia sabar menerimah ujian allah swt ​

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Alhamdulillah puji syukur kehadirat Allah yang telah memberikan curahan nikmat.Hingga pada hari ini kita semua dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal afiat. pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan sedikit Ber ceramah mengenai perlunya Sabar.

saudaraku ,pertama saya akan membahas tentang Apa itu sabar?. pada dasarnya sabar berasal dari kata sobaro Yasbiru yang artinya adalah menahan. yang mana menahan Disini mempunyai arti yang luas. misalnya saat berpuasa, kita menahan semua hawa nafsu untuk banyak hal.

seperti menahan lapar dari adzan subuh hingga adzan maghrib tiba untuk saat berbuka. Selain itu hendaknya kita juga haruskan bersabar dalam menghadapi perilaku buruk seseorang kepada kita. tetapi harus juga diketahui ,bahwa tidak semua orang dapat menikmati Sebuah Kesabaran .karena pada hakekatnya tidak semua orang dapat menahan rasa sabar tersebut.

untuk itu semua saudaraku hendaknya kita selalu berdoa dan semakin mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala agar diberi kesabaran melimpah dan tidak ada batasannya .supaya kita semua mendapat pahala darinya yang seluas-luasnya .Allah subhanahu wa ta'ala berfirman dalam surah Albaqarah ayat 153 yang artinya:

" Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar"becermin dari ayat tersebut kita bisa menyimpulkan bahwa Allah Subhanahu Wa Ta'ala akan selalu memberikan pertolongan untuk setiap hamba-hambanya yang mau menjalankan segala perintahnya dan menjauhi diri dari segala laranganNya.

di dalam ayat surat Al Baqarah tersebut disebutkan keuntungan orang-orang yang mau mengerjakan salat wajib lima waktu. serta mereka yang mampu menunjukkan rasa sabar nya yaitu niscaya Allah SWT akan menjadikan pertolongan saat mendapat kesusahan.

walaupun begitu saudaraku,sabar memang tidaklah mudah justru adalah sebuah ujian. namun Justru karena ketidak mudahan tersebut menjadikan Sabar adalah sarana Allah SWT untuk menguji hambanya Apakah bisa lolos atau tidak dalam ujianNya. hendaknya kita harus selalu istighfar dan berpikir positif agar dapat lolos ujian kesabaran yang diberikan Allah SWT.

dan begitulah sedikit mengenai sabar yang bisa saya bagikan kepada saudara-saudara sekalian. semoga setelah mendengar ceramah ini kita semua dapat lebih memahami arti penting dari sebuah kesabaran. dan untuk kemudian mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk itu saya akhiri ceramah hari ini dan mohon maaf apabila ada terdapat salah kata saat penyampaian tadi. wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

itu saja maaf jika ada kesalahn dlm pengetikan….semoga bermanfaat…aamiin

Jawaban:

Semoga bermanfaat

معك النجاح

Maaf klo tulisannya kayak ceker ayam ya..

Semoga bisa bacanya

Gambar Jawaban

Gambar Jawaban

Gambar Jawaban