1.jika massa jenis benda lebih kecil daripada massa jenis air,benda tsb akan…

Posted on

2.jika massa jenis benda sama dgn massa jenis air,benda tsb akan…
3.jika massa jenis benda lebih besar daripada massa jenis air,benda tsb akan…
4.penampang dinding bendungan di bagian dasar lebih….daripada dibagian atas.
5.jika gaya yg diberikan bertambah besar,untk luas bidang tekan yg sama,maka tekanan yg dihasilkan akan semakin..

1.jika massa jenis benda lebih kecil daripada massa jenis air,benda tsb akan…

Jawaban Terkonfirmasi

Kelas : 8
Mapel : Fisika
Kategori :
Kata Kunci : 
Tekanan Hidrostatis, Hukum Archimedes 
Kode : 8.6.3 [
Kelas 8 Fisika Bab 3 Tekanan]
=================================================================
1. Jika massa jenis benda lebih kecil daripada massa jenis air,benda tsb akan terapung.

Penjelasan:
Benda dikatakan terapung jika gaya apung yang diterima benda mampu menahan benda agar tetap berada di permukaan zat cair (gaya apung = berat benda) sehingga hanya sebagian benda yang tercelup ke dalam zat cair. Hal ini disebabakan karena benda yang memiliki massa jenis lebih kecil dari massa jenis zat cair, untuk mendapatkan besar gaya apung yang sama dengan berat benda hanya membutuhkan sebagian saja yang tercelup ke dalam zat cair.
2.Jika massa jenis benda sama dgn massa jenis air,benda tsb akan melayang.

Penjelasan:
Benda dikatakan melayang jika gaya apung yang diterima benda mampu menahan benda agar dalam posisi melayang di dalam zait cair (gaya apung = berat benda). Dalam kondisi melayang, seluruh bagian benda telah tercelup ke dalam zat cair. Hal ini disebabkan karena benda yang memiliki massa jenis sama dengan massa jenis zat cair, untuk mendapatkan besar gaya apung yang sama dengan berat benda, maka seluruh bagian benda harus tercelup ke dalam zat cair.
3. Jika massa jenis benda lebih besar daripada massa jenis air,benda tsb akan tenggelam.

Penjelasan:
Benda dikatakan tenggelam jika gaya apung yang diterima benda tidak mampu menahan benda sehingga benda akan terus meluncur turun hingga mencapai dasar wadah zait cair (gaya apung < berat benda). Dalam kondisi ini, meskipun seluruh bagian benda telah tercelup ke dalam zat cair, karena benda  memiliki massa jenis lebih besar dari pada massa jenis zat cair, maka besar gaya apung yang diterima benda akan selalu lebih kecil daripada berat benda, sehingga benda akan bergerak turun ke bawah hingga berhenti di dasar wadah.
4. Penampang dinding bendungan di bagian dasar lebih tebal daripada dibagian atas.

Penjelasan:
Dinding bendungan mengalami tekanan dari air, yang dikenal dengan tekanan hidrostatis. Tekanan hidrostatis sebanding dengan kedalaman, semakin dalam posisi suatu titik dalam zat cair maka tekanannya semakin besar. Dasar bendungan merupakan bagian dari bendungan yang mengalami tekanan terbesar sehingga agar bendungan mampu menahan tekanan tersebut harus dibuat lebih tebal

5. Jika gaya yg diberikan bertambah besar,untk luas bidang tekan yg sama,maka tekanan yg dihasilkan akan semakin besar.

Penjelasan.
Tekanan yang dikerjakan pada suatu bisang luasan sebanding dengan besarnya gaya yang diberikan, pada luas yang sama semakin besar gaya yang diberikan tekanan yang tejadi akan semakin besar