Melakukan gerakan smash dalam permainan bola voli dapat mengkombinasikan kan gerakan memukul dengan lompatan manfaat yang diperoleh dengan kombinasi gerakan tersebut di atas adalah​

Posted on

Melakukan gerakan smash dalam permainan bola voli dapat mengkombinasikan kan gerakan memukul dengan lompatan manfaat yang diperoleh dengan kombinasi gerakan tersebut di atas adalah​

Jawaban:

Melakukan gerakan smash dalam permainan bola voli dapat mengkombinasikan kan gerakan memukul dengan lompatan manfaat yang diperoleh dengan kombinasi gerakan tersebut di atas adalah

  • pukulan menjadi lebih keras dan

cepat.

Penjelasan:

Pukulan smash dilakukan dengan keras ketika bola berada di atas jaring pembatas (net), untuk diarahkan ke wilayah permainan lawan.

Istilah lain untuk menyebut smash dalam bola voli adalah spike, yang kemudian dipakai menamakan pemain yang melakukan teknik spike sebagai spiker.

Ada empat tahapan teknik melakukan smash dalam bola voli yakni awalan, tolakan (tumpuan), pukulan, dan mendarat.

Berikut urutan yang benar ketika melakukan teknik smash adalah:

  • Awalan

Gerakan melakukan pukulan smash dalam permainan bola voli diawali dengan mengambil satu langkah ke depan sebagai ancang-ancang.

Dalam melakukan langkah awalan untuk melakukan smash, salah satu kaki berada di belakang kaki yang lain sesuai dengan kaki dominan seorang pemain.

  • Tolakan (tumpuan)

Lanjutan dari langkah awalan dalam tahapan gerakan pukulan smash menempatkan kedua telapak kaki hampir sejajar untuk bersiap meloncat secara vertikal.

Pada saat melakukan awalan beberapa langkah untuk melakukan smash langkah kaki terakhir adalah memberi dorongan lompatan setinggi mungkin.

Kaki pemain menekuk hingga lutut membentuk sudut sekitar 110 derajat, dengan salah satu kaki terletak lebih ke depan sebagai tumpuan untuk meloncat.

Saat meloncat tumit dan jari kaki menghentak lantai kemudian bersiap mengayunkan lengan, sembari mendorong tubuh ke atas menggunakan kekuatan kedua kaki.

  • Memukul bola

Ketika melakukan gerakan smash, pastikan posisi bola berada dalam jangkauan optimal dari lengan serta berada di atas net.

Pukul bola secepat dan setinggi mungkin dengan wilayah perkenaan bola berada di telapak tangan dengan permukaan tengah bola bagian atas.

Sementara itu, pergelangan tangan aktif menghentak ke depan dengan posisi telapak tangan dan jari

  • Mendarat

Rangkaian gerakan smash berakhir ketika pemain mendaratkan kedua kakinya di permukaan lapangan, dengan jari-jari kaki dan sikap badan condong ke depan.

Adapun, tempat mendaratnya kedua kaki sebisa mungkin harus sama dengan titik melakukan tolakan untuk meloncat saat melakukan pukulan smash.

Bagi seorang pemula, empat tahapan di atas tak selamanya berakhir dengan sempurna atau sesuai harapan.

Seperti dijelaskan sebelumnya, smash dalam bola voli harus menukik, tajam dan terarah. Namun, ada beberapa pemain yang ketika melakukan smash, bolanya sering keluar lapangan.

Lalu, muncul pertanyaan apa yang salah dari gerakan smash pemain tersebut? Jawabannya adalah perkenaan bola dengan telapak tangan tidak tepat atau kurang aktifnya gerakan pergelangan tangan atau foles saat