Tuliskan lima keteladanan yang terdapat pada biografi beserta strukturnya dan kutipan teks​

Posted on

Tuliskan lima keteladanan yang terdapat pada biografi beserta strukturnya dan kutipan teks​

Jawaban:

Biografi merupakan sebuah buku yang menggambarkan kejadian-kejadian atau peristiwa yang dialami oleh seseorang. 

Penjelasan:

Biografi tentang orangtua adalah biografi yang menceritakan tentang orangtua si penulis. Pada biografi jenis ini penulis biasanya menggunakan kata “orangtua saya”. Penjelasan biografi orangtua biasanya menerangkan kehebatan sosok orangtua di mata penulis. Hal ini bisa ditandai dengan kata-kata pujian yang disematkan oleh penulis. Berikut adalah kedua contoh untuk biografi orang tua yang mungkin dapat menjadi referensi kamu.

Contoh:

Ayah saya merupakan seorang pria yang bertanggung jawab. Beliau bernama Seno Julianto, Ia dilahirkan di Jakarta pada 29 Juli 1970. Beliau merupakan anak ketiga dari lima bersaudara dari pasangan suami istri berlatar belakang Sunda dan Jawa. Ayah saya melewatkan masa kecil hingga remajanya di Jakarta.

Setelah lulus SMA, Ayah saya pergi merantau ke Yogyakarta untuk berkuliah di Institut Seni Indonesia dan mengambil jurusan Seni Rupa. Selain berkuliah, Ayah saya juga sibuk membantu usaha dagang burung milik pamannya di Muntilan. Mungkin dikarenakan faktor inilah Ayah saya tidak mampu menyelesaikan kuliah tingkat sarjananya. Setelah gagal menyelesaikan kuliahnya, Ia pulang ke Jakarta dan mulai merintis bisnis dagang burung sekaligus menikahi wanita yang kelak menjadi ibu saya. Ayah lumayan lama menggeluti bisnis dagang burung, setelah usahanya bangkrut Ia memutuskan untuk bekerja di perusahaan forwarder.

Ketika saya memasuki usia sekolah dasar, Ayah kembali merintis usaha barunya yaitu dagang ikan hias. Setelah dirasa cukup siap, Ayah memutuskan keluar dari tempatnya bekerja dan mulai fokus terhadap bisnisnya. Bisnis dagang ikan inilah yang digeluti Ayah saya hingga sekarang ini untuk menghidupi keluarga kecilnya.

Struktur Biografi

Adapun berikut ini adalah struktur yang dimiliki oleh teks biografi:

Orientasi

Orientasi adalah bagian dimana menjelaskan atau menggambarkan pengenalan pada tokoh, berisi gambaran awal tentang tokoh yang diceritakan dalam biografi tersebut.Peristiwa dan Masalah

Bagian peristiwa atau kejadian adalah bagian yang berisi tentang sebuah peristiwa atau kejadian yang pernah dialami oleh seseorang. Termasuk didalamnya berisi tentang masalah yang pernah ia hadapi dalam mencapai sebuah tujuan serta cita-cita dalam hidupnya. Hal-hal yang menarik, mengesankan, mengagumkan, dan menyedihkan yang pernah dialami oleh seorang tokoh yang diulas dalam bagian ini.Reorientasi

Reorientasi adalah bagian penutup dalam biografi. Bagian ini berisi tentang padangan penulis terhadap tokoh yang diceritakan dalam biografi tersebut. Reorientasi bersifat opsional, yang artinya pada bagian ini boleh ada atau boleh tidak.

#terimakasih

#semogamembantu

#jadikanjawabansayatercerdas