Latar belakang konflik yugoslafia

Posted on

Latar belakang konflik yugoslafia

Jawaban Terkonfirmasi

Ada beberapa hal yang menjadi Latar belakang konflik Yugoslavia. Di antaranya adalah:

  • Tidak ada yang menggantikan kecakapan Joseph Broz Tito di dalam menyatukan kemajemukan wilayah di Yugoslavia, yang terdiri dari berbagai etnis dan agama di dalamnya. Perbedaan itu meliputi Bangsa Kroasia dan Slovenia yang menganut agama Katolik dan berhuruf Latin, Bangsa Serbia, Montenegro dan Macedonia yang menganut Kristen Ortodoks yang menggunakan huruf Cyrilik, dan bangsa atau entik Bosnia- Herzegovina yang menganut agama Islam.  Meskipun ada pemberontakan atau konflik antar negara bagian, Tito masih dapat meredam konflik tersebut. Sepeninggal Tito, Terjadi konflik ras dan agama yang menyebakan munculnya konflik.
  • Terjadi masalah ekonomi yang serius dan hilangnya kewibawaan pemerintah pada masa pemerintahan Slobodan Milosevic. Ini menyebabkan berbagai negara bagian saling berebut kekuasaan
  • Serbia merasa haknya dikurangi ketika bergabung dengan Yugoslavia, Inilah alasannya mereka memperkuat diri dan ingin menguasai negara bagian dengan cara memiliki kedudukan yang tinggi di Yugoslavia.
  • Uni Soviet yang runtuh menjadi berbagai negara baru membuat banyak dari negara bagian di Yugoslavia ingin memerdekakan diri, serta ingin memiliki pemerintahan sendiri, yang menyebabkan konflik di Yugoslavia muncul.  Kemunculan konflik Yugoslavia juga didukung oleh semangat Glasnots dan Pereztroika yang menumbuhkan jiwa nasionalisme di berbagai negara bagian untuk memerdekakan dirinya.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang  awal terbentuknya yugoslavia. dijelaskan  brainly.co.id/tugas/16790254
  2. Materi tentang Tuliskan 4 faktor penyebab pecahnya yugoslavia  brainly.co.id/tugas/14022912

========================

Detil Jawaban

Kode          : 12.3.6

Kelas          : 12 SMA

Mapel         : Sejarah

Bab             : Peristiwa Kontemporer Dunia