Jelaskan bentuk kebudayaan yang menjadi ciri khas budaya Bali

Posted on

Jelaskan bentuk kebudayaan yang menjadi ciri khas budaya Bali

Jawaban Terkonfirmasi

Bentuk kebudayaan yang menjadi ciri khas budaya Bali:

  1. Tari kecak
  2. Tari Barong
  3. Upacara Ngaben
  4. Irigasi Subak
  5. Hari Raya Nyepi

Pembahasan:

1. Tari kecak

Tari Kecak adalah salah satu tari tradisional dari Bali. Tari ini dimainkan oleh beberapa penari yang melingkar, dengan suara yang serentak dan gerakan tangan yang diatur sedemikian rupa sehingga menghasilkan aransemen yang memukau. Durasi pertunjukan biasanya satu jam, dengan jumlah penari bisa mencapai puluhan orang.  

Pertunjukan tari Kecak di Bali biasanya mengambil bagian setiap hari di malam di kuil-kuil Hindu di Bali seperti di Pura Uluwatu dan Tanah Lot. Namun kecak juga ditampilkan dalam pertunjukan seni atau sebagai pementasan wisata kepada para turis, di pusat wisata seerti di Sanur, Kuta, dan Nusa Dua. Setelah pertunjukan, penonton biasanya diundang untuk berfoto bersama para penari.

2. Tari Barong

Tar barong merupakan tradi khas Bali, yang menggambarkan Barong, sebuah makhluk mitologi yang melambangkan kebaikan, yang bertarung melawan Rangda, yang merupakan perlambangan sifat buruk atau kejahatan.

3. Upacara Ngaben

Ngaben adalah upaca pembakaran jenasah di Bali, sesuai dengan adat dan tradisi agama Hindu. Tujuan kegiatan adat ini adalah untuk menghantar roh orang yang sudah meninggal dengan melakukan pembakaran atau perabuan jenazah dalam upacara adat ini.

4. Irigasi Subak

Dalam sistem irigasi subak di bali, rakyat Bali mengatur aliran sungai, mata air dan air hujan dengan peraturan adat. Pembagian air ke sawah-sawah dalam sistem subak diatur agar terjadi keadilan, dan semua petani dapat mendapatkan kesejahteraan dari hasil padi yang subur.  

5. Hari Raya Nyepi

Nyepi adalah hari raya yang merayakan Tahun baru Saka dalam penanggalan Hindu Bali. Dalam hari raya ini, dilakukan penghentian aktifitas sehari-hari di Bali, termasuk melarang berpergian kelua rumah dan mematikan api serta listrik.

Pelajari lebih lanjut tentang potensi budaya wisata daerah Tapanuli, Sumatera Utara di: brainly.co.id/tugas/22537002

Pelajari lebih lanjut fungsi musik tradisi masyarakat Indonesia di: brainly.co.id/tugas/578449

Pelajari lebih lanjut budaya nasional sebagai potensi wisata di: brainly.co.id/tugas/10275612

————————————————————————————-

Detail Jawaban

Kode: 8.10.4

Kelas: VIII

Mata pelajaran: Geografi

Materi: Bab 4 – Keragaman Sosial Budaya sebagai Modal Dasar Pembangunan Nasional