Mengapa pertumbuhan penduduk yang cepat menjadi penyebab kelangkaan? Jelaskan!

Posted on

Mengapa pertumbuhan penduduk yang cepat menjadi penyebab kelangkaan? Jelaskan!

Penyebab kelangkaan karena pertumbuhan penduduk yang cepat disebabkan karena terkurasnya sumber daya alam di daerah tersebut yang menyebabkan langkanya beberapa kebutuhan pokok maupun kebutuhan lainnya yang berada di daerah tersebut.

PEMBAHASAN :

Kelangkaan yang terjadi di beberapa daerah banyak disebabkan karena meningkatnya jumlah penduduk atau pertumbuhan di daerah tersebut, perpindahan penduduk dan banyaknya pendatang yang menetap pada suatu tempat menjadikan faktor utama terjadinya kelangkaan pada beberapa sumber kebutuhan yang ada.

Akibat dari petumbuhan penduduk yang semakin cepat ini berbanding lurus dengan sumber daya yang tersedia. Semakin cepat pertumbuhan penduduk pada suatu tempat menyebabkan semakin meningkat pula sumber daya yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhannya. Hal tersebut terjadi karena semakin banyaknya penduduk akan menyebabkan semakin banyak pula kebutuhan internal maupun eksternalnya yang mana memanfaatkan sumber daya alam sebagai sumbernya. Dengan demikian semakin banyaknya kebutuhan maka sumber daya yang dibutuhkan juga semakin meningkat. Namun, dengan meningkatnya sumber daya yang dibutuhkan tetapi tidak diimbangi dengan ketersediaan sumber daya tersebut, dengan kata lain semakin sering digunakan semakin menipis atau bahkan habis sumber daya tersebut apabila tidak disediakan alternatif lain. Hal inilah yang dikatakan bahwa akibat dari pertumbuhan penduduk yang cepat dapat menyebabkan terjadinya kelangkaan tanpa adanya pencegahan terhadap keduanya.

Lain halnya apabila dengan pertumbuhan penduduk yang cepat diimbangi dengan ketersediaan sumber daya yang mencukupi atau dilakukannya pembaruan terhadap sumber daya yang dapat diperbarui, maka pertumbuhan penduduk yang cepat tidak akan menyebabkan kelangkaan terhadap sumber dayanya. Selain itu, untuk menekan pertumbuhan penduduk yang semakin cepat ini dapat dilakukan dengan berbagai upaya antara lain dengan melakukan program keluarga berencena, menekan angka pernikahan anak usia dini. Dan untuk menyeimbangkan dengan sumber dayanya maka dapat dilakukan dengan menciptakan sumber daya alternatif yang dapat menggantikan sumber daya yang sesungguhnya.

Pelajari lebih lanjut :

brainly.co.id/tugas/10812153

brainly.co.id/tugas/962922

brainly.co.id/tugas/13756185

DETAIL JAWABAN

MAPEL : IPS

KELAS : 9

MATERI : Perilaku Masyarakat dalam Perubahan Sosial Budaya di Era Globalisasi

KODE SOAL : 10

KODE KATEGORISASI : 9.10.16