Arti kedudukan Pancasila sebagai satu satunya asas dalam kehidupan dan bernegara​

Posted on

Arti kedudukan Pancasila sebagai satu satunya asas dalam kehidupan dan bernegara​

Arti dan kedudukan Pancasila sebagai dasar negara dinilai sangat penting dan sangat berpengaruh bagi kehidupan bangsa dan negara. Pancasila dijadikan sebagai pondasi atau wadah untuk menyatukan bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai macam suku, agama, ras, budaya, dan adat istiadat sehingga menjadi kesatuan negara yang kuat, adil, dan berdaulat.

Pancasila dijadikan oleh bangsa Indonesia sebagai dasar landasan kehidupan dan bernegara sehingga terciptanya kondisi masyarakat yang aman, nyaman dan kondusif.

Penjelasan lebih lanjut :

Fungsi dan peranan Pancasila adalah sebagai berikut:

1. Pancasila adalah jiwa bangsa Indonesia

Sejak diproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, Pancasila sudah ada dan lahir secara bersamaan dengan bangsa Indonesia.

2. Pancasila adalah kepribadian bangsa Indonesia

Sebagai ciri khas bangsa Indonesia sehingga bangsa Indonesia dapat terlihat berbeda dengan bangsa-bangsa lainnya yang ada di duniia ini.

3. Pancasila adalah Perjanjian Luhur

Pancasila disahkan menjadi dasar negara oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada tanggal 18 Agustus 1945. PPKI menjadi perwakilan dari seluruh rakyat Indonesia pada masa itu, sehingga dapat disimpulkan bahwa disahkannya Pancasila sebagai dasar negara atas musyawarah bersama.

4. Pancasila adalah sumber dari segala hukum

Pancasila memiliki kekuasaan untuk mengatur segala hukum yang ada di Indonesia. Hukum yang ada haruslah tunduk dan bersumber dari Pancasila serta sesuai dengan asas Pancasila. Pancasila merupakan nilai dasar, sedangkan hukum merupakan nilai instrumental.

5. Pancasila adalah cita-cita bagi seluruh bangsa Indonesia

Pancasila berfungsi menciptakan kondisi masyarkat yang aman, nyaman, makmur, kondusif dan saling menghargai.

6. Pancasila adalah satu-satunya asas dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

Pancasila dijadikan sebagai asas konsekuensi oleh bangsa Indonesia sebagai dasar negara dan perwujudan pelaksanaan nilai-nilai Pancasila secara konsekuen dan murni.

7. Pancasila sebagai moral pembangunan

Pancasila dijadikan rangka, acuan, tolak ukuran, arah, tujuan dan parameter dalam pembangunan bangsa Indonesia.

Pembahasan jawaban :

pancasila merupakan dasar negara Indonesia yang sudah merupakan ketetapan dari dulu kala. berikut ini isi dari Pancasila :

1. Ketuhanan Yang Maha Esa

2. Kemanusiaan yang adil dan beradab

3. Persatuan Indonesia

4. Kerakyatan dipimpin oleh hikmah k3bijaksanaan dalam permsyuwaratan atau perwakilan

5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Pancasila sebagai asas dalam kehidupan berbangsa dan bernegara : pancasila biasanya digunakan sebagai pedoman kehidupan agar masyrakat Indonesia karena pancasila sebuah norm yang mengwtur gaya hidup bermasyrakat Indonesia, untuk daoat berperilaku secara baik dan benar tanpa ada nya gangguan dari mahluk lain.