Tugas 2

Posted on

Perusahaan Kereta Api Indonesia (PT. KAI) menerapkan harga tiket perjalanan berbeda-beda sesuai dengan tujuan pelanggan. PT. KAI memberikan layanan perjalanan kepada pelanggan berupa ketepatan waktu dan kenyamanan. Harga yang ditawarkan kepada pelanggan dimulai dari harga ekonomi, bisnis dan eksekutif, perbedaan ini memudahkan pelanggan dalam menentukan pilihan harga sesuai dengan kebutuhan dan keuangan mereka.
Pertanyaan:
1. Dari uraian di atas, apakah PT. KAI tersebut dapat dikatakan sebagai perusahaan yang menerapkan diskriminasi harga di dalam pasar monopoli? Jelaskan!
2. Masuk kategori diskriminasi harga apa? Jelaskan!
3. Apakah dapat dikategorikan juga sebagai diskriminasi harga derajat pertama? Jelaskan!

Yang butuh Jawaban bisa WA ke saya ya 081575702292 sudah ketik word. full pemabahasan terpercaya pastinya

Tugas 2

Jawaban Terkonfirmasi

Jawaban:

1. Benar, karena harga tiket disesuaikan dengan kelas kereta api mulai dari ekonomi, bisnis hingga eksekutif. Tentunya perbedaan harga ketiganya juga diikuti dengan fasilitas yang diterima oleh pelanggan di setiap kelasnya.

2. Termasuk diskriminasi harga tingkat 3, yaitu perusahaan mengelompokkan pelanggan pada beberapa segmen dengan berdasarkan variabel tertentu.  Kemudian, perusahaan akan membebankan harga yang lebih tinggi pada satu kelompok pelanggan dan membebankan harga yang lebih rendah pada kelompok lainnya.

3. Benar, karena ada golongan yang bisa membayar lebih rendah, namun ada juga yang bisa membayar tiket yang lebih inggi yaiu keas eksekutif.  

Penjelasan:

Strategi diskriminasi harga adalah strategi makroekonomi yang sering diterapkan oleh para produsen. Dalam strategi ini, suatu produk dijual dengan harga yang berbeda dan pada pasar yang berbeda pula. Jadi, pada produk yang sama, dua orang bisa saja memperoleh harga yang berbeda. Diskriminasi harga dibagi menjadi 3 yaitu diskriminasi harga tingkat 1, diskriminasi harga tingkat 2, dan diskriminasi harga tingkat 3.

Materi pembahasan tentang pembagian diskriminasi harga dapat disimak pada link berikut: brainly.co.id/tugas/37189281

#BelajarBersamaBrainly