Deskripsikan faktor faktor yang berpengaruh terhadap pembangunan ekonomi

Posted on

Deskripsikan faktor faktor yang berpengaruh terhadap pembangunan ekonomi

Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pembangunan ekonomi antara lain sebagai berikut:

Faktor faktor yang berpengaruh terhadap pembangunan ekonomi antara lain sebagai berikut:

1. Sumber Daya Alam (SDA)

Sumber daya alam inimeliputi segala hal yang disediakan oleh alam dan dapat dimanfaatkan untuk kepentingan penyediaan bahan baku produksi. Apabila Sumber Daya Alam di suatu negara terbilang kaya, maka hal itu dapat mendeskripsikan bahwa pembangunan ekonomi negara tersebut ada di tingkat yang baik.

2. Sumber Daya Manusia (SDM)

Hal ini berkaitan dengan sumber daya alam, suatu negara yang memiliki SDA yang miskin namin memiliki sumber daya manusia yang baik, maka negara tersebut dapat menjadi negara maju daripada negara yang kaya akan sumber daya alam namun sumber daya manusianya rendah.

3. Sumber Daya Modal

Apabila di suatu negara terdapat modal yang banyak, maka pastinya akan terjadi pertumbuhan kegiatan ekonomi baru di suatu negara tersebut tanpa membutuhkan bantuan dari pihak lain seperti investor.

4. IPTEK

Apabila di seuatu negara memiliki atau menerapkan IPTEK yang tinggi dan maju, otomatis pembangunan ekonominya akan lebih cepat berkembang daripada negara yang IPTEK-nya lemah, pasti pembangunan ekonominya akan terhambat.

5. Infrastruktur

Apabila infrastruktur suatu negara lengkap dan merata, maka kegiatan produksi akan lebih efektif dan efisien dan setiap pelaku ekonomi dapat dengan mudah untuk menjalankan kegiatan ekonominya sehingga pembangunan ekonomi pun akan berjalan dengan baik.

6. Keadaan Politik

Apabila kondisi politik suatu negara tidak stabil atau tidak menentu, maka akan modal yang akan masuk ke negara tersebut akan berpikir ulang dan sulit untuk masuk. Dengan demikian akan menghambat terhadap pembangunan ekonomi negara tersebut, begitu juga sebaliknya.

7. Sosial Budaya

Apabila suatu negara sering mengalami konflik, maka akan cenderung mengalami pembangunan ekonomi yang merosot dan begitu juga sebaliknya.

8. Sistem Pemerintah

Apabila sistem pemerintahan suatu negara mendukung percepatan ekonomi maka pembangunan ekonomi pun akan lebih cepat maju dibandingkan pemerintah yang menghambat percepatan ekonomi.

⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀

⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀

Detail tambahan:

Mapel⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ : Ekonomi

Kelas⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀: 11

Materi⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ : Bab 2 – Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi

Kata Kunci⠀⠀⠀⠀⠀ : Faktor-Faktor, Pembangunan Ekonomi

Kode soal⠀⠀⠀⠀⠀⠀: 12

Kode Kategorisasi : 11.12