Hakikat proses sosialisasi adalah

Posted on

Hakikat proses sosialisasi adalah

Pada hakikatnya proses sosialisasi merupakan hasil dari interaksi antar manusia. Selama manusia masih berinteraksi, proses sosialisasi pun masih berlangsung.
Proses sosialisasidilakukan setiap orang sejak lahir di muka bumi sampai meninggal. Bahkan, seorang bayi yang baru lahir melakukan sosialisasi. Contohnya belajar membuka mata untuk melihat dunia, belajar memegang sesuatu, dan belajar merasakan sesuatu. Bersamaan dengan berjalannya waktu, pembelajaran bayi mengenai dunia semakin kompleks. Misalnya belajar berjalan, berbicara, makan, dan mengenal lingkungan sekitar.

Hakikat proses sosialisasi merupakan hasil interaksi antar manusia. selama manusia masih berinteraksi, proses sosial pun masih berlangsung.

menurut beberapa ahli sosial, mengenai pengertian proses sosial.

A. krathwohl
– proses sosial adalah proses yang mengusahakan seseorang peka terhadap rangsangan masyarakat nya dan menyesuaikan diriserta berprilaku seperti orang lain dalam masyarakatnya dan kebudayaan nya.

B. Laurence
-proses sosial adalah proses pendidikan atau latihan seseorang yang belum berpengalaman dalam suatu kebudayaan dan berusaha menguasai kebudayaan sebagai aspek prilaku.

C. Guire
– proses sosial adalah proses penyajian kemungkinan-kemungkinan perilaku perorangan dengan sanksi positif atau negatif yang menyebabkan penerimaan atau penolakan oleh orang lain

D. lawang,robert M.Z
– proses sosial adalah proses mempelajari norma,nilai, peran dan semua persyaratan lainnya yang di perlukan untuk memungkinkan berpartisipasi yang efektif dalam kehidupan sosial.

🙂 🙂 🙂 😉 😉 😉 (y)