Apa perbedaan zaman tembaga,zaman perunggu dan zaman besi?

Posted on

Apa perbedaan zaman tembaga,zaman perunggu dan zaman besi?

Jawaban Terkonfirmasi

Perbedaan zaman tembaga, zaman perunggu dan zaman besi adalah

1. Zaman Tembaga : manusia menggunakan tembaga sebagai bahan dasar untuk membuat peralatan. Indonesia tidak terpengaruh dengan zaman tembaga serta tidak pula mengalaminya.

2. Zaman Perunggu : manusia membuat peralatan dari perunggu. Ditemukan peninggalan sejarah di zaman perunggu yaitu Candrasa, kapak corong, nekara, moko, bejana perunggu, arca perunggu.

3. Zaman Besi : manusia telah mampu membuat peralatan dari besi yang lebih sempurna daripada tembaga ataupun perunggu. Hasil peninggalan sejarahnya adalah mata kapak, mata sabit, mata pisau, mata pedang, cangkul.

Pembahasan

Hai teman-teman BrainlyLovers…!!! Sekarang kita akan membahas zaman logam.  

Selamat belajar…!!!  

Masa perundagian atau disebut juga zaman logam adalah dimana masa penggunaan batu sebagai alat-alat dan benda di kehidupan sehari hari mulai digantikan dengan penggunaan logam. Zaman logam adalah termasuk dalam pembagian zaman yaitu zaman prasejarah.  

1. Ciri-ciri zaman logam

a. Kegiatan perdagangan berkembang semakin pesat pada masa ini dimana perdagangan sudah dilakukan dari pulau ke pulau di Indonesia bahkan antara kepulauan Indonesia dengan kawasan Asia Tenggara melalui sistem barter. Sistem barter adalah sistem dalam perdagangan yang menggunakan pertukaran barang. Barang tersebut dapat berupa nekara manik – manik, rempah – rempah, perunggu, moko, kayu, dan timah.

b. Pada masa ini, penguburan jenazah dilakukan dengan dua cara yakni secara langsung dan tidak langsung. Penguburan langsung dilakukan dengan menguburkan jenazah langsung di dalam tanah atau diletakkan pada sebuah peti di dalam tanah. Penguburan tidak langsung dilaksanakan dengan menguburkan jenazah di dalam petikayu atau tanah yang berbentuk seperti perahu. Setelah jenazahnya menjadi rangka,lalu akan diambil dan dibersihkan, kemudian dikuburkan kembali dalam kubur batu atau tempayan.

c. Mahir dalam pengolah logam, hal itu dapat dilihat dari peninggalan – peninggalan berbahan dasar logam seperti cincin, kalung, anting – anting, gelang tangan, gelang kaki, candrasa, arca perunggu, kapak corong, dan nekara.

d. Kebudayaannya sudah semakin tinggi dan maju.

e. Kemajuan juga dirasakan dalam bidang pertanian yang sudah menggunakan sistem persawahan yang lebih efektif dan efisien dari sistem ladang.

2. 3 Macam Pembagian Zaman Logam

a. Zaman Tembaga : Zaman ini ditandai dengan dimulainnya pembuatan benda atau alat-alat dengan bahan dasar tembaga. Indonesia tidak mengalami zaman ini. Kebudayaan dan peradaban masyarakat pada zaman tembaga sudah lebih maju daripada pada zaman batu. Zaman tembaga berkembang seperti di : Semenanjung Malak, Vietnam, Thailand, dan Kamboja.

b. Zaman Perunggu : Zaman ini ditandai dengan dimulainya penggunaan bahan dasar perunggu untuk alat perkakas atau benda dan alat lainnya. Teknik pembuatan dengan bahan dasar perunggu di zaman perunggu menggunakan metode cetakan setangkup atau bivalve dan cetakan lilin (a cire perdue). Pada zaman perunggu masyarakat sudah mulai bertani dan berladang, sawah sudah memakai sistem irigasi.  

c. Zaman Besi : Peradaban zaman besi sudah lebih canggih dari pada zaman perunggu, karena proses pengolahan besi akan lebih sulit dari mengolah perunggu. Pemprosesan besi membutuhkan panas yang sangat tinggi, kurag lebih sampai 3500 derajat celcius. Zaman besi menjadi akhir dari zaman praaksara. Contoh alat atau benda dari besi yang dihasilkan : cangkul, pisau, kapak, pedang, dan sabit atau celurit. Benda dari besi tersebut ditemukan di Bogor(Jawa Barat), Gunung Kidul (Yogyakarta), Punung dan Besuki (Jawa Timur).

Pelajari Lebih Lanjut

1. Kajian tentang zaman logam bisa coba cek brainly.co.id/tugas/19290454

2. Kajian tentang zaman pra aksara bisa coba cek brainly.co.id/tugas/2922755

3. Kajian tentang pola hunian manusia praaksara bisa coba cek brainly.co.id/tugas/1327399

Detail Jawaban

Kelas : 10

Pelajaran : Sejarah

Bab : Indonesia Zaman Praaksara : Awal Kehidupan Manusia Indonesia

Kode : 10.3.2003

Kata Kunci : Zaman Logam, Zaman Tembaga, Zaman Perunggu, Zaman Besi.