Putri abu bakar yang ditegur rasul saw karna memakai pakaian tipis

Posted on

Putri abu bakar yang ditegur rasul saw karna memakai pakaian tipis

Jawaban Terkonfirmasi

PENDAHULUAN

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Halo adik-adik para pejuang pencari ilmu yang sholeh dan sholehah, bagaimana kabarnya ? semoga baik-baik saja dan iman tetap terjaga ya !. Kali ini Insha Allah kakak akan membantu menjawab pertanyaan “Putri abu bakar yang ditegur rasul saw karna memakai pakaian tipis “. Nah adik-adik putri Sayiidina Abu bakar yang dimaksud adalah sayyidatina Asma binti Abu Bakar Radhiyallahuanhuma. Ada banyak pelajaran dari kisah ini. Yuk disimak

PEMBAHASAN :

kisah ini tertulis dalam sebuah hadist dari Rasulullah, ketika asma binti abu bakar mengunjungi Rasulullah dirumah beliau dengan menggunakan pakaian yang tipis sehingga terlihat kulit asma binti abu bakar, kemudian Rasulullah memalingkan wajah beliau dan bersabda :

يَا أَسْمَاءُ إِنَّ الْمَرْأَةَ إِذَا بَلَغَتِ الْمَحِيضَ لَمْ يَصْلُحْ أَنْ يُرَى مِنْهَا إِلَّا هَذَا وَهَذَا

“Wahai Asma ! Sesungguhnya wanita jika sudah baligh maka tidak boleh nampak dari anggota badannya kecuali ini dan ini (beliau mengisyaratkan ke muka dan telapak tangan).” (HR. Abu Dawud, no. 4104 dan al-Baihaqi, no. 3218. Hadist ini di shahihkan oleh syaikh al-Albâni rahimahullah)

Maka dari hadist ini kita mengetahui bahwa wanita yang sudah baligh, yaitu mereka yang sudah haid harus menutupi Auratnya dengan sempurna. Dan dapat kita ketahui menutup ini maksudnya adalah dengan kain yang cukup tebal sehingga tidak nampak kulit yang dibalut oleh pakaian karena saat itu Asma menutup badannya namun kain yang menutupi badannya tipis sehingga menerawang, atau terlihat warna kulitnya dari balik pakaiannya.

KESIMPULAN :

Kisah asma ini merupakan hadist mengenai perintah menutup aurot bagi wanita yang sudah baligh, kecuali wajah dan telapak tangannya. Dan tidak menutup dengan kain yang tipis sehingga nampak warna kulitnya

PEJALARI LEBIH LANJUT

Demikian jawaban kakak, semoga dapat membantu, nah adik-adik untuk soal-soal perkara agama lain, adik-adik bisa cek link dibawah ini yaa. Insha ALLAH jawaban-jawabannya khair karena sudah terverifikasi oleh team brainly . cekidot !

Apa maksud dari menindak lanjuti dari sikap atau tindakan positif menurut hadis? brainly.co.id/tugas/17449382

potongan surah al hujarat ayat 12 brainly.co.id/tugas/17449885

Pulau apa yang ditempati dajjal brainly.co.id/tugas/17450091

Oke adik adik Semangat!!!

#optitimcompetition

………………………………………………………………………………………………………………………………………………

DETAIL JAWABAN

Kelas : XI

Pelajaran : Agama

Kategori : Bab 1 – Al-Qur'an sebagai Pedoman Hidup

Kata Kunci : menfaat menutup aurat, manfaat berjilbab, kisah asma bbinti abu bakar

Kode : 11.14.1

Gambar Jawaban