Jelaskan fenomena pasang surut dan gerhana

Posted on

Jelaskan fenomena pasang surut dan gerhana

Gerhana Matahari
Gerhana matahari akan terjadi ketika bulan berada diantara bumi dan matahari sehingga menghalangi cahaya bulan dari matahari. Walaupun Bulan lebih kecil, bayangan Bulan mampu melindungi cahaya Matahari sepenuhnya karena Bulan yang berjarak rata-rata jarak 384.400 kilometer dari Bumi lebih dekat dibandingkan Matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 kilometer.Gerhana matahari terdiri dari tiga jenis, yaitu gerhana matahari total, gerhana matahari sebagian dan gerhana matahari cicin. Yang dimaksud demngan gerhana matahari total adalah ketika piringan matahari tertutupi seluruhnya oleh piringan bulan. Ketika itu, piringan matahari akan sama besarnya dengan piringan bulan yang akan berubah besarnya sesuai dengan jarak masing-masing antara bumi dan matahari atau bumi dan bulan.
Gerhana matahari sebagian adalah bila bulan menutupi sebagian dari bagian matahari. Kalau gerhana matahri cincin itu berarti bulan hanya menutupi sebagian dari matahari karena ukuran bulan yang lebih kecil dari ukuran matahari. Matahari yang tidak ditutupi oleh bulan akan ada di sekeliling bulan dan tampak menyerupai bentuk sebuah cincin yang berkilau dan bercahaya.
Kejadian gerhana matahari ini tidak akan berlangsung lama karena tidak akan mungkin melebihi waktu 7 menit 40 detik. Ketika gerhana Matahari, orang dilarang melihat ke arah Matahari dengan mata telanjang karena hal ini dapat merusakkan mata secara permanen dan mengakibatkan kebutaan.
v Gerhana Bulan
gerhana bulan akan terjadi jika bulan ditutupi oleh bayangan bumi ketika bumi posisinya berada di antara bulan dan matahari dia antara satu garis lurus yang sama. Jika terjadi demikian, maka sinar matahari yang seharusnya sampai ke bulan terhalang oleh bumi. Kemiringan bidang orbit bulan terhadap bidang ekliptika tidak selalu membuat terjadinya gerhana bulan.