Apa perbedaan gaung dan gema ​

Posted on

Apa perbedaan gaung dan gema ​

Jawaban:

•Gaung adalah bunyi pantul yang terdengar bersamaan dengan bunyi aslinya. Gaung biasanya terjadi di ruangan yang sempit.

•Sedangkan gema adalah bunyi pantul yang terdengar beberapa saat setelah bunyi aslinya. Gema biasanya terjadi di ruangan yang luas.

Penjelasan:

Alasan Manusia Dapat Mendengar Gaung dan Gema

Gaung bisa terdengar karena adanya penghalang gelombang seperti tembok, dengan jarak yang dekat. Bunyi gaung akan dipantulkan secara cepat bahkan sebelum suara asli selesai terdengar.

Sehingga apabila seseorang berada dalam sebuah ruangan yang sempit, misalnya di ruangan kosong atau di dalam gua, dan berteriak, maka suara pantulan berupa gaung dapat terdengar.

Sedangkan bunyi gema akan dipantulkan setelah suara asli selesai terdengar. Suara akan terdengar berkali-kali sebelum akhirnya perlahan mengecil dan hilang. Gema dapat didengar saat berada di ruang terbuka yang sangat luas. Ini disebabkan karena jauhnya jarak tembok penghalang gelombang.

Contoh dari suara gema yaitu ketika seseorang berteriak di sebuah pegunungan, maka ketika telah selesai berteriak, teriakan tersebut dapat terdengar kembali.

Ya MAAP kalo salah. (U‿U) (ノ`Д´)ノ彡┻━┻

Jawaban:

gema:bunyi pantul yang tepat terdengar setelah bunyi asli

gaung:bunyi pantul yang hampir terdengar bersamaan dengan bunyi asli

maaf kalau salah

semoga membantu^^