Manfaat dengan menjadi anggota asean

Posted on

Manfaat dengan menjadi anggota asean

Bidang Politik

Dalam bidang politik, negara-negara dikawasan Asia Tenggara mengakui kedaulatan negara Indonesia serta tidak berani dalam melakukan intervensi politik kepada negara ini. Dengan adanya hal ini maka ancaman yang datang kepada Indonesia bisa ditekan atau diminimalisir. Negara-negara ASEAN lainnya juga mengakui dan menghormati sistem politik dalam dan luar negeri Indonesia.

Bidang Sosial

Tentunya Indonesia juga mendapatkan manfaat dari keberadaannya sebagai salah satu anggota ASEAN misalnya saja dalam bidang sosial. Masih ingat kejadian Tsunami Aceh 2004? Pada saat itu beberapa negara ASEAN memberikan bantuan kepada Indonesia baik itu berupa moril maupun materil. Selain itu banyak kejadian-kejadian di Indonesia yang dibantu oleh negara-negara ASEAN lainnya.

Bidang Budaya

Dalam bidang kebudayaan tentunya ada juga manfaat dari ASEAN kepada Indonesia. Pertukaran pelajar merupakan salah satu dari sekian banyak manfaat kehadiran ASEAN bagi Indonesia, banyak pelajar-pelajar Indonesia yang menuntut ilmu dinegara-negara tetangga. Selain itu juga ada pementasan kesenian-kesenian atau kebudayaan-kebudayaan Indonesia dinegara-negara Asia Tenggara.

maaf klo salah

good luck