Hukum nun sukun dan tanwin ada berapa? Sebutkan

Posted on

Tolong Dijawab ya kakak'Abang'yang ganteng dan yang cantik pliss

Hukum nun sukun dan tanwin ada berapa? Sebutkan

Jawaban Terkonfirmasi

Hukum nun sukun atau nun mati dan tanwin secara garis besar terbagi menjadi empat, yakni: izhar, ikhfa, idghom, dan iqlab. Adapun Idghom terbagi lagi menjadi dua yakni idghom bigunnah dan idghom bilagunnah. Maka kita juga dapat mengatakan bahwa hukum nun mati dan tanwin terbagi lima, yakni: izhar, ikhfa, iqlab, idghom bigunnah, dan idghom bilagunnah.

Pembahasan

Berikut ini pembahasan tentang hukum nun mati dan tanwin:

1. Ikhfa

Ikhfa artinya samar. Ikhfa adalah hukum bacaan yang terjadi ketika nun mati atau tanwin bertemu dengan salah satu dari huruf-huruf ini: ت, ث, ج, د, ذ, ز, س, ش, ص, ض, ط, ظ, ف, ق, ك. Cara membaca hukum bacaan ikhfa adalah dengan menyamarkan bunyi "n" pada nun mati atau tanwin dan lebih condong ke bunyi "ng."  Contohnya lafadz كُنْتُمْ harus dibaca kungtum.

2. Izhar

Izhar artinya jelas. Izhar adalah hukum bacaan yang terjadi ketika nun mati atau tanwin bertemu dengan salah satu dari huruf-huruf ini: ا, ه, ع, ح, غ, خ. Cara membaca hukum bacaan izhar ialah dengan membaca bunyi "n" secara jelas pada nun mati dan tanwin. Contohnya lafadz مَنْ اَمَنَ harus dibaca man amana.

3. Iqlab

Iqlab artinya mengganti. Iqlab adalah hukum bacaan yang terjadi ketika nun mati atau tanwin bertemu dengan huruf ب. Cara membaca hukum bacaan iqlab adalah dengan mengganti bunyi "n" pada nun mati dan tanwin menjadi bunyi "m." Contohnya lafadz مِنْ بَعْضِ harus dibaca mim ba'dhi.

4. Idgham

Idgham artinya memasukkan. Idgham terbagi dua:

a. Idgham Bigunnah

Idgham bigunnah artinya memasukkan dengan dengung. Idgham bigunnah adalah hukum bacaan yang terjadi ketika nun mati atau tanwin bertemu dengan salah satu dari huruf-huruf ini: ي, ن, م, و. Cara membaca hukum bacaan idgham bigunnah adalah dengan memasukkan bunyi "n" pada nun mati dan tanwin kepada bunyi huruf idgham bigunnah disertai dengan dengung (ditahan sejenak). Contohnya lafadz مَنْ يَقُوْلُ harus dibaca mayyaquulu.

b. Idgham Bilagunnah

Idgham bilagunnah artinya memasukkan tanpa dengung. Idgham bilagunnah adalah hukum bacaan yang terjadi ketika nun mati atau tanwin bertemu dengan salah satu dari huruf ل atau ر. Cara membaca hukum bacaan idgham bilagunnah adalah dengan memasukkan bunyi "n" pada nun mati dan tanwin kepada bunyi huruf idgham bigunnah tanpa dengung. Contohnya lafadz مِنْ رَّبِّهِمْ harus dibaca mirrobbihim.

Pelajari Lebih Lanjut

  1. Materi tentang contoh izhar brainly.co.id/tugas/4202589
  2. Materi tentang ikhfa brainly.co.id/tugas/5261156
  3. Materi tentang contoh idghom brainly.co.id/tugas/11793898

Detail Jawaban

Kelas: 10

Mapel: Pendidikan Agama Islam

Bab: Al-Qur'an dan Hadis adalah Pedoman Hidupku

Kode: 10.14.4

#TingkatkanPrestasimu

#SPJ3