Tuliskan 10 macam jenis tanah di indonesia dan tentukan daerah persebarannya dan jelaskan masing masing karakteristik tanah tersebut​

Posted on

Tuliskan 10 macam jenis tanah di indonesia dan tentukan daerah persebarannya dan jelaskan masing masing karakteristik tanah tersebut​

Jawaban:

1. Tanah alluvial

Tanah alluvial merupakan tanah yang berasal dari sedimen lumpur yang dibawa oleh air sungai. Tanah ini merupakan hasil erosi yang kemudian diendapkan bersama dengan lumpur sungai. Tanah alluvial memiliki warna yang kelabu dan sifatnya subur. Umumnya, tanah alluvial ditemukan di wilayah dataran rendah. Di Indonesia, tanah alluvial banyak ditemukan di wilayah timur Sumatera, Bagian utara Jawa, Kalimantan bagian selatan dan tengah, bagian utara dan selatan Papua.

2. Tanah humus

Tanah humus banyak terdapat di Pulau Sulawesi, Sumatera, Jawa Barat, Kalimantan dan Papua,

Ciri-Ciri Tanah Kaya Humus

Tanah berwarna gelap, kehitaman atau kecokletan serta terdapat bintik-bintik berwarna putih. Mempunyai tekstur semacam itu karena terbentuk dari pelapukan tumbuhan dan menjadi sumber energi bagi mikroorganisme tanahsehingga membuat tanah menjadi gelap.

3. Tanah organosol

Tanah gambut banyak terdapat di daerah pasang surut, seperti di Papua bagian barat, Kalimantan Barat, Sumatra bagian timur, Jawa, pantai barat Sumatra, dan pantai Kalimantan Timur, Tanah Organosol memiliki ciri-ciri berwarna coklat tua cenderung kehitaman. Hal ini disebabkan karena di dalam tanah jenis ini terdapat kandungan organik yang tinggi yang membuat warnanya coklat kehitaman. Tak hanya itu, tekstur tanahnya juga cenderung lebih mudah basah.

———————–

DI AMBIL YANG PENTINGNYA AJA YA KAK

SEMOGA MEMBANTU :), MAAF KLO JAWABANNYA KURANG LENGKAP