Bagaimana Sistem pemerintahan peradaban romawi ? Jelaskan !

Posted on

Bagaimana Sistem pemerintahan peradaban romawi ? Jelaskan !

Sistem Pemerintahan Peradaban Romawi

Monarki adalah sistem pemerintahan yang dikuasai oleh satu orang saja dan itu bersifat mutlak. Sistem pemerintahan monarki merupakan sistem pemerintahan tertua yang dimiliki masyarakat dunia. Sistem pemerintahan inilah yang ada di masa peradaban Romawi.

Para raja atau kaisar berusaha memperluas kerajaan dan memberikan kesejahteraan kepada rakyatnya dengan acara mengambil daerah kerajaan atau kekaisaran milik orang lain, baik dengan cara paksa maupun dengan cara damai. Oleh karena itulah, perang demi perang adalah satu bagian kehidupan yang selalu hadir pada saat itu.

Kerajaan atau kekaisaran dengan angkatan perang yang hebat, pasti akan mempunyai wilayah yang luas. Latihan dan strategi perang telah dikuasai oleh para raja atau kaisar masa itu. Hal inilah yang membuat satu peradaban begitu maju. Perang dan perang ternyata juga telah memberikan pengaruh lain, seperti, peradaban lain berupa nilai-nilai kemasyarakatan, budaya, pemikiran atau satu paham tertentu. Ada juga bertalian keluarga yang terjadi dari pernikahan karena penyatuan dua kerajaan secara damai.