Sebutkan dasar dasar didirikannya dinasti abbasiyah

Posted on

Sebutkan dasar dasar didirikannya dinasti abbasiyah

Pada tahun 740an, kekhalifahan Bani Umayah mengalami krisis yang sangat serius. Pada masa ini terjadi berbagai perang saudara antara keluarga Bani Umayah, yang didorong perebutan kekuasaan dan perseteruan antara kelompok Yaman (suku-suku Arab Selatan) melawan kelompok Qays (suku-suku Arab Utara atau Suriah).

Hal ini menyebabkan melemahnya wibawa Bani Umayyah dan munculnya pemberontakan Bani Abassiyah.

Faktor lain penyebab munculnya pemberontakan Bani Abassiyah adalah diskriminasi terhadap kaum Mawali. Mawali adalah golongan pada masa dinasti Umayyah yang terdiri dari orang-orang non-Arab yang baru masuk Islam.

Diskriminasi pada masa dinasti Umayyah yang dialami mawali antara lain adalah tidak bisa memegang jabatan tinggi, dipandang rendah secara sosial dan harus membayar jizyah meski sudah Islam. Kekecewaan mereka ini merupakan salah satu faktor mereka mendukung pemberontakan Bani Abassiyah.

Pemberontakan Bani Abassiyah pertama diluncurkan oleh pemimpin Bani Abbasiyah, Abu Abbas al Shafah, saudaranya Abu Jafar al Mansur dan panglima perang keturunan Iran, Abu Muslim al Khurasani.

Pemberontakan ini berhasil mengalahkan pasukan Umayyah di pertempuran sungai Zab, pada 16 Januari 750.

Setelah menang, Bani Abassiyah menggantikan Bani Umayyah. Abu Jafar Al Mansur menjadi khalifah kedua setelah meninggalnya Al Saffah, dan kemudian memindahkan ibukota ke kota Baghdad.