Jelaskan latar belakang bangsa-bangsa Barat datang ke indonesia!

Posted on

Jelaskan latar belakang bangsa-bangsa Barat datang ke indonesia!

Latar belakang bangsa Barat datang ke Indonesia secara umum dapat diringkas dengan konsep 3G :

1. Gold = Mencari kekayaan

2. Glory = Mencari kejayaan, kekuasaan, kemenangan

3. Gospel = Menyebarkan agama

Konsep ini dapat dijabarkan sebagai berikut:

1. Runtuhnya Kekaisaran Romawi

Kekaisaran Romawi mengalami masa kejayaan pada masa pemerintahan Kaisar Octavianus Augustus dimana kekuasaanya hampir meliputi seluruh Eropa, Afrika Utara dan Afrika Barat. Pada tahun 476 M, kekaisaran Romawi runtuh dan berakibat pada kemunduran jalinan dagang antara Asia dengan Eropa dan mengakibatkan kehidupan wilayah tersebut semakin merosot. Zaman ini disebut dengan istilah Zaman Kegelapan atau Dark Age dan membuat bangsa Eropa mencari peruntungan di daerah lain.

2. Perang Salib (Perang Suci)

Perang Salib yaitu perang selama 200 tahun antara masyarakat dari Eropa dan masyarakat Turki Seljuk serta orang Arab. Perang ini disebut Perang Salib oleh orang Kristen, dan Perang Suci oleh orang Muslim. Perang ini disebabkan karena perebutan kota Yerusalem. Akhirnya kota ini dapat direbut kembali dari raja Kristen yang telah berkuasa selama 100 tahun dalam perang Khitin. Raja Richard The Lion Heart dari Inggris menyerukan perang kembali dengan mengajak raja-raja di Eropa untuk merebut kembali kota Yerusalem, namun mereka gagal.

Beberapa faktor penyebab Perang Salib :

– Peziarah-peziarah Kristen dilarang untuk mengunjungi Yerusalem.

– Merebut Spanyol yang telah tujuh abad dikuasai oleh Dinasti Umayyah.

– Usaha Pas Urbanus untuk menyatukan kembali gereja Roma dengan gereja di Romawi Timur, seperti di Konstantinopel, Yerusalem, dan Aleksandria.

Dampak adanya Perang Salib :

– Jalur perdagangan Eropa dan Timur Tengah menjadi terputus. Hal ini menyebabkan pedagang Eropa mulai mencari jalan lain untuk mendapatkan rempah-rempah secara langsung.

– Bangsa Eropa mulai mengetahui kelemahan dan ketertinggalan mereka dari orang-orang Islam dan Timur, sehingga mereka mencoba untuk mengejar ketertinggalan itu dengan pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) secara besar-besaran.

– Adanya motif balas dendam di kalangan orang-orang Kristen terhadap kaum Muslim karena kekalahannya dalam peperangan di dunia Timur dalam rangka menguasai jalur perdagangan.

3. Jatuhnya Konstatinopel ke Umat Muslim

Pada tahun 1453 Khalifah Utsminiyah yang berpusat di Turki menguasai Konstatinopel yang sebelumnya termasuk wilayah kekuasan Kerajaan Romawi-Byzantium. Jatuhnya Konstatinopel ini dipimpin oleh Sultan Muhammad II dan menimbulkan kesulitan bagi bangsa Eropa khususnya dalam bidang perdagangan.

4. Penjelajahan Samudra

Yaitu penjelajahan Bangsa Eropa dengan berlayar untuk memperoleh rempah-rempah. Selain itu, faktor yang mendasari penjelajahan Samudra antara lain:

– Adanya semangat penaklukan terhadap kaum Muslim

– Jatuhnya Kontantinopel ke tangan Dinasti Usmani Turki.

– Adanya keinginan mengetahui lebih jauh mengenai rahasia alam semesta, keadaan geografi, dan bangsa – bangsa yang tinggal di belahan bumi lain.

– Terinspirasi oleh kisah penjelajahan Marcopolo (1254-1324), seorang pedagang dari Venesia, Italia ke Cina

– Ingin memperoleh keuntungan dan kekayaan yang sebanyak – banyaknya.

– Adanya teori Copernicus dan Galileo Galilei sehingga Bangsa Barat ingin membuktikannya dengan pelayaran.

5. Perkembangan Ilmu Pengetahuan

Kemajuan teknologi pada saat itu membuat Bangsa Barat telah menemukan kompas, navigasi, dan mesiu yang dapat mempermudah pelayaran sehingga mendorong bangsa barat untuk melakukan penjelahan.

Pelajari lebih lanjut:

brainly.co.id/tugas/3741669

brainly.co.id/tugas/1664247

brainly.co.id/tugas/949079

Detil tambahan

Kelas: VIII SMP

Mapel: Sejarah

Kategori: Kedatangan Bangsa Barat

Kata kunci: Latar belakang, Bangsa Barat