Sebutkan ciri khas perekonimian dan sebaran negara mesir

Posted on

Sebutkan ciri khas perekonimian dan sebaran negara mesir

Mesir termasuk salah satu negara yang terdapat di benua Afrika. Mesir terletak di Afrika sebelah utara. Kairo adalah ibukota dari Negara mesir. Seluruh rakyat mesir menganut agama islam. Mereka mengunakan bahasa Arab sebagai komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Pound Mesir adalah mata uang yang digunakan untuk aktivitas perdangan dan sebagai alat tukar. Untuk saat ini mesir dipimpin oleh seorang raja dan kepala pemerintahannya dipimpin oleh seorang perdana menteri.

Nah, keadaan alam Mesir sebagian besar berupa gurun yang tandus seperti gurun Timur, Gurun Libia, dan Semenanjung Sinai .Namun, Mesir memiliki lembah sungai Nil. Sungai Nil adalah sungai terbesar di negara mesir dan juga terbesar di dunia.Daerah lembah sungai Nil memiliki tanah yang subur.

>Sebaran penduduk : Penduduk Mesir sebagian besar tinggal di daerah yang subur di lembah Sungai Nil. Penduduk lebih senang tinggal di kota, sisanya tinggal di daerah pinggiran.50% penduduk mesir menganut agama islam.  

>Kota-kota di Mesir antara lain:

Kairo, menjadi ibukota M`esir dan kota terbesar di Afrika
Iskandariah, menjadi kota terbesar kedua setelah kairo dan merupakan kota pelabuhan utama.
Port Said, menjadi kota pelabuhan di ujung utara terusan Suez.
PEMBAHASAN LEBIH LANJUT:  

Lembah sungai Nil yang subur menjadi syarat penduduk untuk melakukan aktivitas bertani. Air Sungai Nil dimanfaatkan sebgai pengairan dengan membangun saluran air, terusan-terusan dan waduk. Air sungai Nil dialirkan ke ladang-ladang milik penduduk dengan distribusi yang merata. Untuk keperluan irigasi dibuatlah organisasi pengairan yang biasanya diketuai oleh para tuan tanah atau golongan feodal. Mesir memiliki hasil pertanian seperti gandum, sekoi atau jamawut dan jelai yaitu padi-padian yang biji atau buahnya keras seperti jagung.

Masyarakat  Mesir telah mendapatkan keuntungan dari banjir yang terjadi setiap tahunnya, yang mana dengan banjir tersebut tanah menjadi sangat subur dan dapat dimanfaatkan masyarakat untuk bercocok tanam.

Nah, soal-soal lain yang berkaitan dengan soal di atas dapat dilihat pada link berikut:  

-keterkaitan alam dan sebaran penduduk Mesir=brainly.co.id/tugas/17161425

-hubungan ekonomi Mesir dengan julukan hadiah pemberian sungai Nil = brainly.co.id/tugas/15032576

-muka bumi Mesir=brainly.co.id/tugas/17007536

Mata pelajaran: Ips

Kelas: VII  

Kategori: Negara maju dan negara berkembang

Kata kunci: keadaan alam,Mesir,sebaran penduduk,kota-kota di Mesir.  

Kode kategori berdasarkan kurikulum K13: 9.10.1