Apa saja contoh peran fisika dalam kehidupan

Posted on

Apa saja contoh peran fisika dalam kehidupan

Jawaban:

Fisika adalah ilmu yang mempelajari gejala alam dan interaksi yang ada di dalamnya, baik makroskopis maupun mikroskopis. Fisika sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Adapun peran fisika dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut.

1. Gerak. Kita bergerak sehari-hari sebenarnya sudah menerapkan konsep fisika. Dengan berpindah dari satu tempat ke tempat lain kita telah mengaplikasikan konsep perpindahan dan jarak, serta konsep kecepatan, percepatan, dsb

2. Jika kita menarik atau mendorong benda, kita mengaplikasikan konsep gaya. Misalnya kita membuka atau menutup pintu, kita telah mengaplikasikan konsep momen gaya.

3. Misalnya ketika kita menggunakan tangga atau lift, untuk naik atau turun ke lantai berikutnya, kita telah menggunakan konsep pesawat sederhana, begitu pula ketika kita menggunakan gunting, katrol, pisau, kita juga telah menerapkan konsep pesawat sederhana

4. Ketika bermain bola kita pastinya akan menendang bola, maka kita sebenarnya telah mengaplikasikan konsep gerak melingkar.