3. Sumber daya alam merupakan salah satu faktor

Posted on

yang memengaruhi interaksi antarnegara.
Analisislah pengaruh ketersediaan sumber
daya alam terhadap interaksi antarnegara di
kawasan Asia Tenggara!
4. Beberapa negara Asia Tenggara berada di
kawasan ring of fire dunia. Bagaimana upaya
yang sebaiknya dilakukan pemerintah dalam
menghadapi kondisi tersebut?
5. Smartphone merupakan bukti perkembangan
ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) di
bidang komunikasi. Apakah kamu setuju dengan
penggunaan smartphone bagi anak sekolah?
Tuliskan alasannya!​

3. Sumber daya alam merupakan salah satu faktor

Jawaban:

1. sumber daya alam merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi interaksi antara negara. di kawasan Asia tenggara misalnya adanya kerjasama antara Indonesia dengan Singapura dalam pemanfaatan sumber daya alam seperti minyak bumi dan gas.

2. beberapa negara di Asia tenggara berada di kawasan ring of fire dunia upaya yang seharusnya dilakukan oleh pemerintah adalah dengan cara melakukan kerjasama antara negara-negara di kawasan ASEAN untuk menanggulangi dampak dari bencana alam yang akan terjadi seperti gempa bumi yang mengakibatkan tsunami hal ini perlu dilakukan oleh negara-negara di kawasan ASEAN untuk mengatasi dampak bencana alam yang akan terjadi maupun pasca terjadinya bencana tersebut.

3. smartphone merupakan salah satu bukti adanya kemajuan teknologi menurut pendapat saya smartphone dapat dipergunakan oleh anak sekolah, sebab smartphone bukan lagi sebagai alat komunikasi tetapi dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran namun smartphone yang digunakan oleh siswa-siswi harus dilakukan dengan pengawasan ketat baik itu oleh guru maupun juga oleh orang tua sebab ada sisi positif dan juga ada sisi negatif. jika dilakukan untuk mencari informasi seputar pelajaran atau kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh siswa dan guru dalam proses pembelajaran daring maka hal itu adalah kegiatan yang sifatnya positif,. tetapi ada juga siswa-siswi yang memanfaatkan smartphone sebagai alat komunikasi yang dilakukan untuk menonton video terlarang maupun bermain game yang dapat menyebabkan mereka lupa untuk belajar.